PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020-2022 FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN
M. Reza Iskandar, 2024 Penelitian dengan judul Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2020-2022 FKIP Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Noor Ellyawati, S.Pd., M.M sebagai Dosen Pembimbing I dan Bapak Sutrisno S.Pd., M.Pd. sebagai Dosen Pembimbing II.Pendidikan merupakan hal yang sangat penting, dalam prosesnya termasuk proses belajar. Melalui belajar maka tujuan dari pendidikan akan tercapai, keberhasilan dari tujuan pendidikan melalui proses belajar terlihat dari hasil belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya adalah motivasi belajar, tidak terkecuali pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruhh motivasi belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan angket analisis data menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan positif antara motivasi belajar dengan prestasi belajar mahasiswa FKIP Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman, dengan nilai signifikan sebesar 0.000 < 0.05 dan nilai uji t sebesar 23.339 > 1.656 yang berarti terdapat pengaruh signifikan positif motivasi belajar (X) terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai koefisien determinasi sebesar 79,8% menunjukan bahwa kemampuan model regresi menjelaskan variabel motivasi belajar adalah sebesar tersebut. Hal ini dapat terjadi karena mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2020-2022 Universitas Mulawarman memiliki motivasi belajar yang baik ditunjukkan dengan keaktifan dan semangat mahasiswa Pendidikan Ekonomi dalam belajar dan berkegiatan dikampus termasuk didalamnya adalah kegiatan ektrakulikuler semangat inilah yang kemudian dapat meningkatkan prestasi belajar. Dengan motivasi belajar yang baik mahasiswa akan sangat serius dan bersungguh-sungguh dalam mengikuti perkuliahan sehingga nilai IPK yang menjadi salah satu indikator prestasi belajar juga meningkat dengan baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI ANGKATAN 2020-2022 FKIP UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | Muhammad Reza Iskandar - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2024 |
Subyek | motivasi belajar Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Ekonomi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY