PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA KULINER DI KECAMATAN SANGATTA UTARA
Pelaku usaha kuliner di Kecamatan Sangatta Utara perlu memahami pentingnya mempertahankan pasar yaitu dengan menyusun strategi dengan memperhatikan kinerja pemasaran agar mampu bersaing. Tujuan Penelitian yaitu mengetahui pengaruh orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha kuliner di Kecamatan Sangatta Utara. Sampel penelitian berjumlah 98 pelaku usaha kuliner. Teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran usaha kuliner di Kecamatan Sangatta Utara dengan nilai t hitung 2.626 > t tabel 1.985 dan nilai signifikan 0.010 < 0.05. Terdapat pengaruh secara parsial dan signifikan antara keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran usaha kuliner di Kecamatan Sangatta Utara dengan nilai t hitung 2.818 > t tabel 1.985 dan nilai signifikan 0.006 < 0.05. Orientasi kewirausahaan dan keunggulan bersaing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan nilai f hitung 19.042 > f tabel 3.09 dan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaku usaha kuliner di Kecamatan Sangatta Utara menerapkan orientasi kewirausahaan yang berdampak meningkatnya jumlah penjualan sebagai tujuan akhir dari kinerja pemasaran dengan melakukan keinovasian pada produk, bersikap proaktif dan berani mengambil risiko. Selain itu juga pelaku usaha kuliner di Kecamatan Sangatta Utara menerapkan keunggulan bersaing yang berdampak meningkatnya jumlah penjualan dengan memiliki kualitas produk yang baik namun dapat memasarkan dengan harga yang mampu bersaing, dan juga memiliki keunikan pada produk yang dihasilkan.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN USAHA KULINER DI KECAMATAN SANGATTA UTARA |
---|---|
Pengarang | Alifia Putri Cantika - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALI p 2024 |
Subyek | Orientasi Kewirausahaan Keunggulan bersaing Kinerja Pemasaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN EKONOMI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY