Detail Cantuman Kembali
Tiara Yulidiar - Personal Name

DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Yulidiar, Tiara, 2024. Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika dan Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika secara Daring di SMA Negeri 5 Samarinda pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Abdul Basir A., M.Si selaku Pembimbing I dan Drs. H. Asyril, M.Si selaku Pembimbing II. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika secara daring dan kesulitan yang dialami peserta didik selama pembelajaran matematika secara daring serta faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Samarinda. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika secara daring dan kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang berlangsung merupakan jenis pembelajaran asynchronous. Pada proses pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 5 Samarinda interaksi dan komunikasi kurang antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik satu dengan peserta didik lainnya. Tidak terjadi adanya diskusi dan tanya jawab selama proses pembelajaran. Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 5 Samarinda yaitu, 1) Kesulitan terkait kendala teknis, media dan fasilitas pendukung, 2) Kesulitan dalam memahami materi pelajaran matematika yang disampaikan oleh guru, 3) Kesulitan mengatur dan mengontrol belajar daring secara mandiri. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring yaitu kebiasaan atau rutinitas belajar peserta didik, konsentrasi peserta didik dan kesiapan peserta didik dalam pembelajaran matematika, sedangkan faktor eksternal meliputi linkungan keluarga dan sekolah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Pengarang Tiara Yulidiar - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TIA d 2024
Subyek Matematika
Proses Pembelajaran Daring
Kesulitan Peserta Didik
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua