DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA PADA MASA PANDEMI COVID-19
Yulidiar, Tiara, 2024. Deskripsi Proses Pembelajaran Matematika dan Kesulitan Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika secara Daring di SMA Negeri 5 Samarinda pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. H. Abdul Basir A., M.Si selaku Pembimbing I dan Drs. H. Asyril, M.Si selaku Pembimbing II. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika secara daring dan kesulitan yang dialami peserta didik selama pembelajaran matematika secara daring serta faktor yang menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam pembelajaran matematika secara daring. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Samarinda. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 5 Samarinda. Objek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran matematika secara daring dan kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dipilih untuk digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika yang berlangsung merupakan jenis pembelajaran asynchronous. Pada proses pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 5 Samarinda interaksi dan komunikasi kurang antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik satu dengan peserta didik lainnya. Tidak terjadi adanya diskusi dan tanya jawab selama proses pembelajaran. Kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring di SMA Negeri 5 Samarinda yaitu, 1) Kesulitan terkait kendala teknis, media dan fasilitas pendukung, 2) Kesulitan dalam memahami materi pelajaran matematika yang disampaikan oleh guru, 3) Kesulitan mengatur dan mengontrol belajar daring secara mandiri. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa faktor penyebab kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring dibedakan menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal kesulitan peserta didik dalam pembelajaran matematika secara daring yaitu kebiasaan atau rutinitas belajar peserta didik, konsentrasi peserta didik dan kesiapan peserta didik dalam pembelajaran matematika, sedangkan faktor eksternal meliputi linkungan keluarga dan sekolah.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | DESKRIPSI PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DAN KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SECARA DARING DI SMA NEGERI 5 SAMARINDA PADA MASA PANDEMI COVID-19 |
---|---|
Pengarang | Tiara Yulidiar - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TIA d 2024 |
Subyek | Matematika Proses Pembelajaran Daring Kesulitan Peserta Didik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY