PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 SAMARINDA
Febby Mahita Putri Pritama Cahyati, 2024. Pengaruh Media Sosial TikTok Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VIII di SMP Negeri 22 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu dewi Rosita, M.Kom selaku dosen pembimbing I dan Bapak I Wayan Sugianta Nirawana, S.Pd, M.Kom selaku pembimbing II. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial TikTok terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran informatika kelas VIII di SMP Negeri 22 Samarinda. Metode penelitian yang digunakan penulis pada penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 22 Samarinda yang berjumlah 471 dan sampel yang di gunakan sebanyak 82 responden dimana responden yang terpilih berdasarkan peserta didik yang mendapatkan rangking sepuluh besar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Pada Instrumen angket menggunakan skala likert. Analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji lineritas, uji regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwasannya berdasarkan hasil uji signifikansi regresi parsial ( Uji t) nilai sig. variabel X ( Media Sosial TikTok) adalah 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 8.188 > t tabel 1.99006 , maka terdapat pengaruh signifikan pada variabel bebas media sosial TikTok (X) terhadap variabel terikat prestasi belajar (Y), dapat disimpulkan maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak, sehingga terdapat hubungan signifikan antara media sosial TikTok terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil dapat di simpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara media sosial TikTok terhadap prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Informatika Kelas VIII di SMP Negeri 22.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 22 SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | FEBBY MAHITA PUTRI PRITAMA CAHYATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FEB p 2024 |
Subyek | Prestasi Belajar TikTok INFORMATIKA |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Komputer |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY