ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 005 SUNGAI PINANG
Kesulitan belajar matematika merupakan kesulitan mengerjakan bilangan saat melakukan pekerjaan hitungan. Pembagian merupakan keterampilan komputasional yang dipandang paling sulit dipelajari atau diajarkan. Kesulitan belajar ini harus segera diatasi agar tidak menghambat pada materi- materi berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengungkap kesulitan- kesulitan belajar yang dialami siswa dalam melakukan operasi hitung pembagian, (2) mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan belajar operasi hitung pembagian, dan (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kesulitan belajar operasi hitung pembagian. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dari situasi sosial adanya siswa kelas IV SD Negeri 005 Sungai Pinang yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung pembagian matematika, dipilih subjek penelitian berjumlah 28 siswa yang mengalami kesulitan belajar operasi hitung pembagian, 1 guru dan kepala sekolah yang sebagai informan. Pengumpulan data dari informan menggunakan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan analisis data model Miles and Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Kemudian diakukan uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut; (a) kesulitan belajar operasi hitung pembagian meliputi kesulitan memahami konsep pembagian, kesulitan dalam prosedur pembagian bersusun, kesulitan mengingat fakta dasar pembagian; (b) Faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar operasi hitung pembagian antara lain faktor kognitif, minat, perhatian, waktu belajar, faktor orang tua, serta faktor guru; (c) Solusi untuk mengatasi kesulitan pembagian yaitu pembelajaran dilakukan sesuai langkah pembelajaran matematika menurut teori Piaget, menggunakan alat peraga. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat disampaikan kepada guru, kepala sekolah, dan orang tua yaitu untuk memperhatikan kesulitan yang dialami siswa; membimbing siswa memahami konsep pembagian; memberikan pembelajaran matematika sesuai tahapan belajar siswa SD pada periode operasi konkret menurut teori Piaget; menggunakan alat peraga, membangun suasana kelas yang menyenangkan dengan permainan edukatif untuk meningkatkan minat belajar dan menarik perhatian siswa.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 005 SUNGAI PINANG |
---|---|
Pengarang | Tiara Qoriah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TIA a 2024 |
Subyek | Kesulitan Belajar Matematika Operasi Hitung Pembagian sekolah dasar |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY