MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK FASHION
Perilaku konsumen adalah sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi berupa kegiatan mencari, membeli, menggunakan, menikmati, mengevaluasi serta melepas produk yang telah mereka pakai atau nikmati (dikonsumsi) untuk melakukan kegiatan konsumsi memenuhi kebutuhannya. Dalam membeli suatu produk mahasiswa selalu dipengaruhi oleh dorongan yang ada dalam diri sendiri, meliputi kehidupan ekonomi, gengsi, dan gaya hidup.Hal ini disebabkan oleh keinginan mahasiswa sebagai konsumen karena ingin diakui eksistensinya dan dianggap modis oleh teman sebaya dan lingkungan mereka. Fenomena ini menunjukkan adanya pergeseran makna dari pembelian yang seharusnya mengutamakan kebutuhan menjadi karena keinginan semata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perilaku konsumsi mahasiswa dalam membeli produk fashion, (2) motivasi mahasiswa dalam membeli produk fashion. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku konsumsi produk fashion mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mayoritas memiliki frekuensi pembelian lebih dari sepuluh kali dengan jumlah pengeluaran didominasi lebih dari 500 ribu baik pada mahasiswa yang bekerja ataupun yang mendapatkan sumber dana dari pembiayaan orang tua dalam enam bulan terakhir. Pertimbangan pembelian produk fashion didominasi dengan pembelian tidak direncanakan atau spontan dan sifat pembelian didominasi oleh sifat boros. Hal ini mengindikasikan bahwasannya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mengarah pada perilaku konsumtif. Motivasi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dalam berbelanja produk fashion antara lain: (1) trend, (2) diskon, (3) iklan, (4) brand, (5) menjaga penampilan, (6) apresiasi diri.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK FASHION |
---|---|
Pengarang | Muhamad Dimas Darmawan - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH m 2024 |
Subyek | Perilaku Konsumsi Produk Fashion Motivasi Membeli Produk Fashion Perilaku Konsumtif Produk Fashion. |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Pembangunan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY