Detail Cantuman Kembali
Muhamad Dimas Darmawan - Personal Name

MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK FASHION

Perilaku konsumen adalah sebuah proses yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi berupa kegiatan mencari, membeli, menggunakan, menikmati, mengevaluasi serta melepas produk yang telah mereka pakai atau nikmati (dikonsumsi) untuk melakukan kegiatan konsumsi memenuhi kebutuhannya. Dalam membeli suatu produk mahasiswa selalu dipengaruhi oleh dorongan yang ada dalam diri sendiri, meliputi kehidupan ekonomi, gengsi, dan gaya hidup.Hal ini disebabkan oleh keinginan mahasiswa sebagai konsumen karena ingin diakui eksistensinya dan dianggap modis oleh teman sebaya dan lingkungan mereka. Fenomena ini menunjukkan adanya pergeseran makna dari pembelian yang seharusnya mengutamakan kebutuhan menjadi karena keinginan semata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perilaku konsumsi mahasiswa dalam membeli produk fashion, (2) motivasi mahasiswa dalam membeli produk fashion. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku konsumsi produk fashion mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mayoritas memiliki frekuensi pembelian lebih dari sepuluh kali dengan jumlah pengeluaran didominasi lebih dari 500 ribu baik pada mahasiswa yang bekerja ataupun yang mendapatkan sumber dana dari pembiayaan orang tua dalam enam bulan terakhir. Pertimbangan pembelian produk fashion didominasi dengan pembelian tidak direncanakan atau spontan dan sifat pembelian didominasi oleh sifat boros. Hal ini mengindikasikan bahwasannya mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman mengarah pada perilaku konsumtif. Motivasi mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman dalam berbelanja produk fashion antara lain: (1) trend, (2) diskon, (3) iklan, (4) brand, (5) menjaga penampilan, (6) apresiasi diri.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul MOTIVASI MAHASISWA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MULAWARMAN DALAM MENGKONSUMSI PRODUK FASHION
Pengarang Muhamad Dimas Darmawan - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH m 2024
Subyek Perilaku Konsumsi Produk Fashion
Motivasi Membeli Produk Fashion
Perilaku Konsumtif Produk Fashion.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Pembangunan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua