KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Komparatif pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda)
ABSTRAK
Halimatussa’diah, “Kinerja Pegawai dalam Pelayanan Publik (Studi Komparatif pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda)”. Di bawah bimbingan Dr. Fajar Apriani, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing I dan Drs. M.Z. Arifin M.Si sebagai pembimbing II.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan kinerja pegawai dalam pelayanan publik pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Kelurahan Sempaja Utara di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda serta untuk menganalisis perbedaan kondisi sumberdaya internal dan kondisi sumberdaya eksternal pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Kelurahan Sempaja Utara di Kecamatan Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian meliputi kualitas pekerjaan yang dihasilkan pegawai, kemampuan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan, kerjasama pegawai, tanggungjawab pegawai, dan kreativitas pegawai serta kondisi sumberdaya internal dan kondisi sumberdaya eksternal di wilayah Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara. Sumber dan jenis data diperoleh dari data primer maupun data sekunder. Dan untuk memilih key informan dan informan akan dilakukan dengan cara teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa cara yaitu Penelitian Kepustakaan (Library Research) dan Penelitian Lapangan (Field Work Research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, kinerja pegawai pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda yang meliputi kualitas, kemampuan, kerjasama, tanggungjawab, dan kreativitas sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi kinerja pegawai di kedua Kelurahan tersebut dan para pegawai perlu diberikan pelatihan untuk menunjang pekerjaan mereka sehari-hari. Kondisi sumberdaya internal kedua kelurahan juga sudah cukup untuk menunjang kegiatan di kelurahan seperti latar pendidikan yang rata-rata sudah sarjana, sarana dan prasarana yang memadai, serta kondisi atau iklim kerja yang cukup baik. Kondisi sumberdaya eksternal kedua kelurahan cukup berbeda karena letaknya yang cukup berjauhan, kependudukan dan keadaan ekonomis masyarakat yang juga berbeda.
Kata Kunci : Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KINERJA PEGAWAI DALAM PELAYANAN PUBLIK (Studi Komparatif pada Kantor Kelurahan Sempaja Selatan dan Sempaja Utara di Kecamatan Samarinda Utara Kota Samarinda) |
---|---|
Pengarang | HALIMATUSSA’DIAH - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | Kinerja Pegawai, Pelayanan Publik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY