Detail Cantuman Kembali
MAYA SANDI KOMALA - Personal Name

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan Dan Deret Bilangan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADPada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Muara Bengkal Tahun Pembelajaran 2023/2024

Komala, Maya S., 2024.Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan Dan Deret Bilangan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Muara Bengkal Tahun Pembelajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Dra. Suriaty, M.Pd., dan (II) Dr. H. Usfandi Haryaka, M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi barisan dan deret bilangan pada siswa kelas XII SMA Megeri 1 Muara Bengkal tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII-A sebanyak 32 siswa dan objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Data diperoleh dari dokumentasi, yaitu nilai tes kemampuan awal, hasil Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kuis, dan observasi.Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, untuk setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan.Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas XII-A dan rekan peneliti sebagai observer. Teknik analisis data yang diggunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap silkus.Nilai hasil belajar diperoleh dari data berupa nilai LKPD dan lembar kuis. Nilai hasil tes awal kemampuan siswa digunakan sebagai nilai dasar, yaitu sebesar 65,75 meningkat menjadi 71,7 pada siklus I maka terjadi peningkatan mencapai 9,5%. Pada silkus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I 71,7 menjadi 87,9 maka terjadi peningkatan mencapai 22,6%. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus II 87,9 menjadi 91,6 maka terjadi peningkatan mencapai 4,22%. Persentse ketuntasan siswa juga mengalami peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, yaitu pada siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 12,5% atau sebanyak 4 siswa yang mencapai nilai KKM. Pada silkus II meningkat menjadi 87,5% atau sebanyak 28 siswa yang mencapai KKM, dan pada siklus III meningkat menjadi 96,8% atau sebanyak 31 siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi barisan dan deret bilangan pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Muara Bengkal tahun pembelajaran 2023/2024 dinyatakan meningkat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Barisan Dan Deret Bilangan Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STADPada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Muara Bengkal Tahun Pembelajaran 2023/2024
Pengarang MAYA SANDI KOMALA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAY p 2024
Subyek Hasil Belajar Matematika
kooperatif tipe STAD
barisan dan deret bilangan
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua