Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sesuai Pendekatan Ilmiah Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024
Rusadi, Rossi, 2024. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sesuai Pendekatan Ilmiah Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. Jefferson watulingas, MM., dan (II) Drs. Berahman, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menjelaskan bagaimana peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda, tahun ajaran 2023/2024 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Samarinda tahun ajaran 2023/2024 dan objek penelitian adalah model pembelajaran snowball throwing berdasarkan pendekatan saintifik. Data diperoleh dari observasi, tes dan wawancara. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, untuk setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Dalam penelitian, peneliti bertindak sebagai pelaksana dalam pembelajaran, sedangkan guru matematika kelas VIII dan rekan peneliti sebagai observer. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif berupa nilai rata-rata hasil belajar dan presentase peningkatan hasil belajar siswa.Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dari data berupa lembar kuis dan nilai tes akhir siklus. Nilai hasil tes awal kemampuan siswa digunakan sebagai nilai dasar, yaitu sebesar 59 meningkat menjadi 73,58 pada siklus I maka terjadi peningkatan mencapai 24,3%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus I 73,58 menjadi 77,2 maka terjadi peningkatan mencapai 4,9%. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus II 77,2 menjadi 80,3 maka terjadi peningkatan mencapai 3,5%. Persentase ketuntasan juga mengalami peningkatan setelah pembelajaran menggunakan snowball throwing, yaitu pada siklus I presentase ketuntasan siswa sebesar 50% atau sebanyak 17 siswa yang mencapai KKM. Pada siklus II meningkat menjadi 67,6% atau sebanyak 23 siswa yang mencapai KKM. Pada siklus III meningkat menjadi 73,5% atau sebanyak 25 siswa yang mencapai KKM.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Sesuai Pendekatan Ilmiah Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Kelas VIII SMP Negeri 4 Samarinda Tahun Ajaran 2023/2024 |
---|---|
Pengarang | Rossi Rusadi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ROS p 2024 |
Subyek | hasil belajar, model snowball throwing |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY