Pengaruh Minat Baca dan Kesadaran Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang
Prestasi belajar siswa di sekolah dapat didukung oleh minat baca dan kesadaran diri. Keinginan membaca dan kesadaran diri siswa di sekolah pada umumnya masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat baca dan kesadaran diri terhadap prestasi belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang yang berjumlah 145 siswa dan terbagi dalam 4 kelas. Sampel penelitian ini adalah 105 siswa kelas XI MIPA yang dipilih secara Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Prestasi belajar diperolah dari data dokumentasi berupa nilai rapor kimia siswa. Minat baca dan kesadaran diri diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, analisis korelasi Pearson Product Moment, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat baca terhadap prestasi belajar kimia siswa dengan kategori sangat kuat, adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara kesadaran diri terhadap prestasi belajar kimia siswa dengan kategori sangat kuat, serta adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara minat baca dan kesadaran diri terhadap prestasi belajar kimia siswa dengan kategori sangat kuat.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Minat Baca dan Kesadaran Diri terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang |
---|---|
Pengarang | Yohana Fransiska Debataraja - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI YOH p 2024 |
Subyek | Prestasi Belajar Kimia Kesadaran Diri Minat Baca |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY