ANALISIS SOAL BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DALAM BUKU SISWA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 1
Nadhilah, Husna, 2021. Analisis Soal Berdasarkan Dimensi Kognitif Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VII Semester 1. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (I) Drs. Asyril, M.Si dan (II) Dr. Azainil, M.Si
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik dimensi kognitif pada soal uji kompetensi dalam buku siswa matematika kurikulum 2013 kelas VII semester 1 berdasarkan dimensi kognitif Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Penelitian ini didasari oleh perolehan Indonesia pada kajian studi internasional TIMSS yang menunjukan rendahnya kemampuan siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan siswa adalah buku yang digunakan pada proses pembelajaran.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode dokumentasi. Pedoman dokumentasi berdasarkan tingkatan dimensi kognitif TIMSS. Teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa secara keseluruhan soal-soal dalam buku siswa matematika kelas VII semester 1 Kurikulum 2013 belum cukup untuk melatih tingkat perkembangan berpikir siswa pada dimensi kognitif. Proporsi dimensi kognitif TIMSS pada buku ini kurang merata.
Hal tersebut ditunjukkan dengan perbedaann persentase masing-masing domain. Domain yang memenuhi proporsi dimensi kognitif TIMSS adalah domain applying dan domain knowing, dan domain reasoning masih mempunyai proporsi yang sangat kecil. Hal ini menunjukkan bahwa soal-soal pada buku tersebut masih sangat kurang dalam mengasah kemampuan logika dan berpikir kritis, serta kemampuan bernalar yang dapat digunakan untuk mendapatkan solusi pemecahan masalah. Namun, buku ini sudah menyediakan soal untuk melatih dan mendorong kemampuan berpikir siswa jika dilihat dari persentase domain knowing dan domain applying.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS SOAL BERDASARKAN DIMENSI KOGNITIF TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DALAM BUKU SISWA MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS VII SEMESTER 1 |
---|---|
Pengarang | Husna Nadhilah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI HUS a 2021 |
Subyek | Dimensi Kognitif, TIMSS, Buku Siswa |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2021 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY