Detail Cantuman Kembali
TIYA ANGGRAINI - Personal Name

IMPLEMENTASI KESELAMATAN PASIEN OLEH PERAWAT DAN BIDAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KOTA SAMARINDA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA

Keselamatan pasien (patient safety) merupakan tolak ukur untuk mengevaluasi kualitas pelayanan yang berdampak terhadap pelayanan kesehatan. Tidak hanya pelayanan di rumah sakit, masyarakat di Indonesia juga memperoleh pelayanan kesehatan primer di pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas), namun keselamatan pasien untuk puskesmas tidak sedinamis di rumah sakit.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi keselamatan pasien oleh perawat dan bidan di puskesmas rawat inap Kota Samarinda dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel 119 responden dengan teknik sampel proportionate stratified random sampling. Implementasi keselamatan pasien, kerjasama tim, komunikasi dan supervisi diukur dengan angket penelitian. Analisis data mrnggunakan uji koefisien kontingency.
Hasil penelitian didapatkan bahwa implementasi keselamatan pasien dengan baik sebesar 52.9% dan implementasi keselamatan pasien kurang baik sebesar 47.1%. Analisa bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kerjasama tim (p = 0.042), komunikasi (p = 0.000), dan supervisi (p = 0.000), dengan implementasi keselamatan pasien oleh perawat dan bidan di Puskesmas Rawat Inap Kota Samarinda dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Disarankan agar membentuk tim keselamatan pasien pada setiap puskesmas untuk meningkatkan pelaksanaan keselamatan pasien di unit-unit klinis puskesmas.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI KESELAMATAN PASIEN OLEH PERAWAT DAN BIDAN DI PUSKESMAS RAWAT INAP KOTA SAMARINDA DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA
Pengarang TIYA ANGGRAINI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI TIY i 2021
Subyek Keselamatan pasien, kerjasama tim
komunikasi, supervisi
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan KESEHATAN MASYARAKAT
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua