Detail Cantuman Kembali
ADE ECHA OCTAVIANA - Personal Name

EFEKTIVITAS KARBON AKTIF TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PENURUNAN KADAR BESI (Fe) PADA AIR SUMUR

Pada daerah kabupaten kutai kartanegara baru 64% masyarakat yang mendapatkan pelayanan air bersih dari PAM dan 36% masyarakat masih menggunakan air tanah. Air tanah sering mengandung zat besi dan Mangan cukup besar. Berdasarkan Analisa kadar besi pada air sumur daerah Handil terusan, kecamatan Anggana, Kabupaten Kutai Kartanegara didapatkan hasil yang menunjukan kadar besi yang terlarut pada air cukup tinggi yaitu sebesar 2,74 mg/L, ditinjau dari Permenkes tidak memenuhi syarat air bersih bahwa kadar maksimum besi yang di perbolehkan untuk air bersih adalah 1 mg/liter. Tandan kosong kelapa sawit merupakan limbah padat perkebunan kelapa sawit yang beratnya mencapai 23% dari berat tandan segar kelapa sawit. Selama ini baru 10% dari tandan kosong kelapa sawit yang dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas karbon aktif tandan kosong kelapa sawit terhadap penurunan kadar besi pada air sumur.
Penelitian ini merupakan true experiment dengan desain penelitian pretest-posttest control grup dengan metode analisis uji Wilcoxon untuk mengetahui efektivitas karbon aktif tandan kosong kelapa sawit terhadap penurunan kadar besi pada air sumur. Air sumur akan diberikan perlakuan penambahan dosis karbon aktif sebesar 3000 mg/L, 4000 mg/L, dan 5000 mg/L.
Hasil penelitian menunjukan dengan adanya keefektifan karbon aktif dalam menurunkan kadar besi 6,28 mg/L pada dosis 5000 mg/L dengan nilai Palue = 0,008

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS KARBON AKTIF TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT TERHADAP PENURUNAN KADAR BESI (Fe) PADA AIR SUMUR
Pengarang ADE ECHA OCTAVIANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ADE e 2021
Subyek Tandan Kosong Kelapa Sawit
Air Sumur, Kadar Besi,Karbon Aktif,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan KESEHATAN MASYARAKAT
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua