Detail Cantuman Kembali
Nadya Agil - Personal Name

Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica rapa L. var chinensis) Terhadap Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Nasi Basi dan Media Tanam Organik pada Sistem Hidroponik Sumbu.

Nadya Agil. Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica rapa L. var. chinensis) Terhadap Pemberian POC Nasi Basi dan Media Tanam Organik Pada Sistem Hidroponik Sumbu. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2024. (dibawah bimbingan Odit Ferry Kurniadinata). Kebutuhan komoditas sayuran sangat diperlukan dalam pemenuhan gizi masyarakat, salah satunya ialah tanaman sawi pakcoy. Upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan kualitas tanaman sawi pakcoy ialah dengan menggunakan sistem budidaya hidroponik sumbu dengan pentingnya memperhatikan penggunaan nutrisi dan jenis media tanam, yang dapat memanfaatkan limbah rumah tangga seperti limbah nasi basi menjadi pupuk organik cair (POC) dan penggunaan media tanam organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi konsentrasi POC nasi basi dan jenis media tanam mana yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy pada sistem hidroponik sumbu, mengetahui POC nasi basi pada konsentrasi berapa yang memberikan pengaruh terbaik, dan mengetahui jenis media tanam mana yang memberikan pengaruh terbaik terhadap pertumbuhan tanaman sawi pakcoy pada sistem hidroponik sumbu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli hingga September 2023, bertempat di Jalan Belimau Kota Samarinda, Kalimantan Timur dengan menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial sebanyak 12 perlakuan yang diulang sebanyak 3 ulangan. Faktor dalam penelitian ini yaitu larutan nutrisi dengan konsentrasi yang berbeda-beda (N) dan jenis media tanam (M). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa POC nasi basi pada konsentarsi 100 ml L-1 sebagai nutrisi hidroponik memberikan pengaruh yang baik terhadap pertumbuhan tanaman, namun belum mampu menggantikan nutrisi AB Mix, oleh karena itu sebagian besar parameter pengamatan belum mampu memberikan respon yang lebih baik jika dibandingkan dengan penggunaan AB Mix sebagai nutrisi hidroponik. Penggunaan media tanam pakis cacah memberikan pengaruh yang terbaik terhadap sebagian besar parameter pengamatan. Kata Kunci: POC nasi basi, hidroponik sumbu, pakis cacah, sekam bakar, cocopeat.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Respon Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Sawi Pakcoy (Brassica rapa L. var chinensis) Terhadap Pemberian Pupuk Organik Cair (POC) Nasi Basi dan Media Tanam Organik pada Sistem Hidroponik Sumbu.
Pengarang Nadya Agil - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI NAD r 2024
Subyek POC nasi basi
hidroponik sumbu
pakis cacah
sekam bakar
cocopeat
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua