PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 TENGGARONG SEBERANG
Kedisiplinan pada anak usia dini sangatlah penting, dan pasca pandemi covid-19 para guru merancang dan memfokuskan kedisiplinan pada anak dengan menyesuaikan keadaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran serta faktor penghambat dalam membangun karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Tenggarong Seberang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian interaktif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara bersama 2 guru kelompok B, serta dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu dengan mereduksi data, menyajikan data serta verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru membangun karakter disiplin pada anak usia 5-6 tahun berupa 1) Membangun karakter disiplin anak melalui pendampingan dari guru dengan memberikan motivator, inspirator, pengelola kelas, dan pengajar, 2) Pengamatan pada anak dalam membangun karakter disiplin selama melakukan kegiatan dan pembelajaran dikelas, yang menjadi faktor faktor penghambat yaitu pengawasan guru terhadap anak terbatas dan perilaku anak.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PERAN GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER DISIPLIN ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA PEMBELAJARAN PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 2 TENGGARONG SEBERANG |
---|---|
Pengarang | DINDA ADE VIANA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DIN p 2023 |
Subyek | Masa pandemi COVID-19 Peran Guru Karakter Kedisiplinan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY