Detail Cantuman Kembali
DiniIndahCahyani - Personal Name

ANALISISPUSHOVERUNTUKPERFORMANCEBASED DESIGNPADASTRUKTURBETONBERTULANG DENGANMENGGUNAKANSOFTWAREETABS (StudiKasus:ProyekHotelFoxHarrisLitediJln.S.Parman,KotaSamarinda, KalimantanTimur)

Indonesia merupakan daerah yang rawan terhadap gempa bumi, karena terletakpadapertemuan 3 lempeng tektonik besar dunia, yaitu: lempeng Hindia-Australia, Eurasia, dan Pasifik. Gempa bumi yang terjadi sering kali memakan korban jiwa. Namun, dapat dipastikan bahwa penyebab adanya korban jiwa bukan diakibatkan langsungolehgempa bumi melainkan oleh rusaknya bangunan yang menyebabkan keruntuhanpadabangunan tersebut. Karena sifat gempa bumi yang tidak dapat diprediksi makadiperlukan suatu tindakan pencegahan guna meminimalisir timbulnya kerugiandankorban jiwa salah satunya dengan merencanakan bangunan tahan gempa dengankonsepPerformance Based Design dengan salah satu metode pendekatannya adalah AnalisisStatic Non-Linear Pushover.
Analisis ini bertujuan untuk memperkirakan gaya maksimum dan deformasi yangterjadi serta untuk memperoleh informasi bagian mana saja yang kritis sehinggadapat diketahui kriteria tingkat kinerja struktur dengan menggunakan Metode SpektrumKapasitas berdasarkan peraturan ATC-40 dan Metode Koefisien Perpindahanberdasarkan peraturan FEMA 356 dengan menggunakan programbantu ETABS. Konsep analisis ini adalah memberi suatu pola beban dorong statik tertentu dalamarahlateral pada pusat massa tiap lantai bangunan. Penambahan beban dilakukansecaraotomatis oleh program secara berangsur-angsur sampai tercapai keruntuhanpadaelemen struktur atau mencapai target displacement tertentu.
Hasil analisis diperoleh kriteria level kinerja kedua metode tersebut termasukdalamkategori Immediate Ocupancy dan Damage Control, dimana diambil level kinerjastruktur terburuk yaitu Damage Control yang artinya bila terjadi gempa bangunanmasih mampu menahan gempa yang terjadi dan resiko korban jiwa sangat kecil.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISISPUSHOVERUNTUKPERFORMANCEBASED DESIGNPADASTRUKTURBETONBERTULANG DENGANMENGGUNAKANSOFTWAREETABS (StudiKasus:ProyekHotelFoxHarrisLitediJln.S.Parman,KotaSamarinda, KalimantanTimur)
Pengarang DiniIndahCahyani - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIN a 2021
Subyek Gempa Bumi, Bangunan Tahan Gempa,
Performance BasedDesign,
Analisis Static Non-Linear Pushover
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Teknik Sipil
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua