Detail Cantuman Kembali
ANDI SITTI MUNAWARAH - Personal Name

PERSAINGAN ANTARA AMERIKA SERIKAT DAN CHINA DALAM BIDANG ENERGI DI ASIA TENGAH

Andi Sitti Munawarah, NIM 1102045095, dengan skripsi berjudul : “Persaingan antara Amerika Serikat dan China dalam bidang energi di Asia Tengah”, di bawah bimbingan Ibu Yuniarti, S.IP, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Chairul Aftah, S.IP, MIA selaku pembimbing II, pada Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persaingan antara Amerika Serikat dan China dalam bidang energi di Asia Tengah dengan menggunakan konsep keamanan energi dan teori konstruktivisme. Metode penelitian yang digunakan dalam menyusun skripsi ini adalah tipe deskriptif case study. Teknik pengumpulan data menggunakan library research, dengan menggunakan jenis data sekunder. Teknik analisis yang dipergunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kawasan Asia Tengah dengan potensi kekayaan sumber daya energi yang dimilikinya mampu membuat negara lain dari luar kawasan seperti Amerika Serikat dan China tertarik untuk hadir di kawasan Asia Tengah. Amerika Serikat dan China dengan kekuatan yang dimiliki masing- masing negara dengan keinginan mengontrol kawasan yang sama menimbulkan persaingan antara kedua negara. Amerika Serikat dan China melakukan upaya untuk mendapatkan akses energi di Asia Tengah dengan mendayagunakan kekuatan militer, memberikam bantuan ekonomi, menempatkan perusahaan energi mereka untuk melakukan investasi pada sejumlah ladang minyak dan gas maupun pada beberapa perusahaan energi nasional di Asia Tengah, dan melakukan kerjasama dalam pembangunan jalur pipa minyak dan gas.
Kata kunci : Amerika Serikat, China, Asia Tengah, Keamanan Energi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERSAINGAN ANTARA AMERIKA SERIKAT DAN CHINA DALAM BIDANG ENERGI DI ASIA TENGAH
Pengarang ANDI SITTI MUNAWARAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua