Detail Cantuman Kembali
Melisa Hutabarat - Personal Name

IDENTIFIKASI SEBARAN BATUBARA DARI DATA WELL LOGGING MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION (STUDI KASUS DI PT. KHOTAI MAKMUR INSAN ABADI, KALIMANTAN TIMUR)

Melisa, 2021. “Identifikasi Sebaran Batu bara Dari Data Well Logging Menggunakan Metode Cross Section (Studi Kasus Di PT. Khotai Makmur Insan Abadi, Kalimantan Timur)”, dibimbing oleh Dr. Djayus, MT dan Dr. Supriyanto, MT.
Eksplorasi merupakan langkah awal dalam tahapan pertambangan yang perlu dilakukan dalam memenuhi kebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sebaran batu bara berdasarkan masing-masing data log dan volume secara menyeluruh menggunakan metode cross section. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang meliputi data titik koordinat, data bore hole, data Log Gamma dan Log Resitivtas. Data Bore hole dianalisis sehingga diketahui kedalaman dan ketebalan batu bara. Selanjutnya ditampilkan sebaran batu bara secara menyeluruh 3D menggunakan project Cross Section dan menghitung volume batu bara. Hasil penelitian menunjukkan sebaran seam batu bara yang paling sedikit yaitu 1 seam terdapat pada log KK08 dengan ketebalan rata-rata 0,665 m dan sebaran seam batu bara yang paling banyak yaitu 5 seam terdapat pada log KK02, dengan ketebalan rata-rata 1,004 m. Ketebalan seam batu bara yang paling tebal yaitu, seam 7 dan ketebalan seam batu bara yang tipis yaitu, seam 4. Hasil project Cross Section pada lima penampang didapatkan kemiringan seam batu bara yang relatif ke arah Barat dimana jurus lapisan batu bara berkisar antara N 190 o E – N 200 o E dengan dip berkisar antara 6 vi o hingga 10 o . Total volume 52.209.563 m 3 dengan Tonase sumber daya tertujuk batu bara yaitu 67.872.432 ton/m 3 .

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IDENTIFIKASI SEBARAN BATUBARA DARI DATA WELL LOGGING MENGGUNAKAN METODE CROSS SECTION (STUDI KASUS DI PT. KHOTAI MAKMUR INSAN ABADI, KALIMANTAN TIMUR)
Pengarang Melisa Hutabarat - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEL i 2021
Subyek cross section, seam batu bara, volume, Tonase
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Fisika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua