Detail Cantuman Kembali
ERLINDA ENGEL TANGARAN - Personal Name

ANALISIS KELAYAKAN MATERI BUKU SISWA KELAS V TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KURIKULUM 2013

Erlinda Engel Tangaran, 2020. Analisis Kelayakan Isi Materi Buku Teks Siswa Kelas V SD/MI semester II Pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan Subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan Kurikulum 2013. Pembimbing I Dr. H. Ahmad Ridhani, M.Pd dan Pembimbing II Drs. H. Sunarno, M.Pd.
Kata Kunci : Kelayakan, Materi Buku siswa, Subtema Peristiwa Kebangsaan, Kurikulum 2013.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peneliti ingin mendalami isi materi pada buku siswa dan buku teks siswa yang terus mengalami perubahan/ revisi serta keterbatasan waktu dalam penyusunannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kelayakan isi materi buku siswa kelas V SD/MI tema Peristiwa dalam Kehidupan subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan dari aspek kelayakn isi materi?.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah buku siswa kelas V SD/MI tema peristiwa dalam kehidupan subtema peristiwa kebangsaan seputar proklamasi kemerdekaan terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan dokumen yaitu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen berupa buku teks siswa. teknik pengumpulan data selanjutnya yaitu dokumentasi data hasil analisis buku dari aspek kelayakan isi materi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi pada buku siswa kurikulum 2013 SD/MI tema peristiwa dalam kehidupan yang disusun dan diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tahun 2017 pada subtema Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan memperoleh persentase sebesar 83,22% dengan kriteria sangat layak. Sangat layak tersebut terbukti dari dua subkomponen pada aspek kelayakan isi materi yaitu subkomponen Kesesuaian materi dengan KD dan subkomponen Materi Pendukung yang dihitung menggunakan prosedur statistik sederhana. Aspek kelayakan isi materi pada subkomponen kesesuaian materi dengan KD memperoleh presentase sebesar 97,70% dan subkomponen materi pendukung pembelajaran memperoleh presentase 68,75%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS KELAYAKAN MATERI BUKU SISWA KELAS V TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN SUBTEMA PERISTIWA KEBANGSAAN SEPUTAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN KURIKULUM 2013
Pengarang ERLINDA ENGEL TANGARAN - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI ERL a 2021
Subyek Kelayakan, Materi Buku siswa,
Subtema Peristiwa Kebangsaan, Kurikulum 2013.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua