Detail Cantuman Kembali
SITI QORIMAH - Personal Name

OPTIMASI FORMULASI DENGAN APLIKASI RESPON SURFACE METHODOLOGI DESAIN BOX BHENKEN DAN EFISIENSI ENKAPSULASI MINYAK SAWIT MERAH

SITI QORIMAH. Optimasi Formulasi Dengan Aplikasi Respon Surface Methodologi Desain Box Bhenken Dan Efisiensi Enkapsulasi Minyak Sawit Merah. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2021. (dibawah bimbingan Anton Rahmadi dan Bernatal saragih).
Minyak sawit merah adalah salah satu pangan fungsional yang mengandung senyawa karotenoid yang baik untuk kesehatan mata maupun menjaga daya tahan tubuh. Enkapsulasi salah satu teknik melindungi komponen bioaktif dengan menyalut bahan agar tidak mudah rusak dan mencegah kehilangan komponen baik tersebut. sehingga diharapkan dapat menjadi suplemen kesehatan yang tidak memiliki efek samping dikonsumsi jangka panjang. Tujuan penelitian mengetahui nilai optimum formulasi pada total karotenoid, efisiensi enkpasulasi, rendemen dan loading capacity dari hasil terbaik formula enkapsulasi dengan Respon Surface Method rancangan box bhenken. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman dari bulan Maret sampai April 2021.
Penelitian ini memiliki beberapa prosedur yaitu try and error. Optimasi perlakuan menggunakan RSM-DBB dan validasi data optimasi. Rancangan percobaan menggunakan RSM-DBB variabel bebas yaitu Respon rasio MSM+Lesitin, Labu kuning, Total MSM+Lesitin.. Data pembacanya yaitu Model, koefisien regersi,nilai-p, R 2 ,sebaran plot dan lack of fit.
Hasil Optimasi formula menggunakan DX 11 mendapatkan optimasi perlakuan yaitu Faktor rasio MSM + Lesitin 0,250 g, Labu kuning 88,983 g, Total MSM + Lesitin 5,153 g. Total karotenoid 149,993 ppm, Efisiensi enkpasulasi 20 % loading capacity 36,18 %, Rendemen 8,392 %. Formula optimum dilakukan validasi maka mendapatkan nilai Total Karotenoid 243,52 ppm, Efisiensi enkpasulasi 21,23 %, loading capacity 19,18%, Rendemen 4,3 %. Hal ini menandakan optimasi formula sudah cukup baik karena nilai lebih tinggi dari prediksi dan masih dalam interval 95% terendah dan tertinggi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMASI FORMULASI DENGAN APLIKASI RESPON SURFACE METHODOLOGI DESAIN BOX BHENKEN DAN EFISIENSI ENKAPSULASI MINYAK SAWIT MERAH
Pengarang SITI QORIMAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI SIT o 2021
Subyek optimasi, formulasi, enkapsulasi , spray drying
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2021
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Teknologi Hasil Pertanian
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua