Detail Cantuman Kembali
AHMAD JAELANI - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTsN PADA MATERI ZAT ADITIF

Hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi zat aditif masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat disebabkan oleh siswa yang tidak fokus selama pembelajaran berlangsung dan strategi pembelajaran yang diterapkan kurang tepat dengan materi zat aditif. Oleh karena itu perlunya penerapan model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model pembelajaran PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL berbasis etnosains terhadap hasil belajar siswa MTsN pada materi zat aditif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII E berjumlah 63 peserta didik. Peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan Posttest Only Control Design. Pengumpulan data menggunakan tes berupa posttest dan ulangan harian sebagai data utama serta lembar observasi aktivitas peserta didik sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai akhir kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai akhir kelas kontrol. Hasil Uji T menunjukkan Ha diterima dan dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa Model pembelajaran PjBL berbasis etnosains berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Berau.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTsN PADA MATERI ZAT ADITIF
Pengarang AHMAD JAELANI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI AHM p 2024
Subyek Model pembelajaran PjBL
Hasil Belajar; Etnosains
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN KIMIA
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua