PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTsN PADA MATERI ZAT ADITIF
Hasil belajar siswa pada mata Pelajaran IPA khususnya materi zat aditif masih tergolong rendah. Hal tersebut dapat disebabkan oleh siswa yang tidak fokus selama pembelajaran berlangsung dan strategi pembelajaran yang diterapkan kurang tepat dengan materi zat aditif. Oleh karena itu perlunya penerapan model pembelajaran yang tepat, salah satunya adalah model pembelajaran PjBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL berbasis etnosains terhadap hasil belajar siswa MTsN pada materi zat aditif. Subjek pada penelitian ini adalah kelas VIII A dan VIII E berjumlah 63 peserta didik. Peserta didik yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan Posttest Only Control Design. Pengumpulan data menggunakan tes berupa posttest dan ulangan harian sebagai data utama serta lembar observasi aktivitas peserta didik sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai akhir kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata nilai akhir kelas kontrol. Hasil Uji T menunjukkan Ha diterima dan dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini bahwa Model pembelajaran PjBL berbasis etnosains berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Berau.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS ETNOSAINS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MTsN PADA MATERI ZAT ADITIF |
---|---|
Pengarang | AHMAD JAELANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AHM p 2024 |
Subyek | Model pembelajaran PjBL Hasil Belajar; Etnosains |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY