PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA BERDASARKAN GENDER
Salah satu indikator keberhasilan peserta didik dalam proses pembelajaran dapat dilihat pada prestasi belajar yang dicapai. Tinggi rendahnya prestasi belajar yang dicapai peserta didik dipengaruhi oleh faktor-faktor antara lain kecerdasan emosional dan minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap prestasi belajar kimia peserta didik berdasarkan gender. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda. Subjek dalam penelitian adalah peserta didik kelas XI-1 dan XI-3 SMA Negeri 8 Samarinda tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 60 peserta didik, diambil dari keseluruhan populasi. Pengumpulan data melalui angket yang terdiri dari dua bagian, yaitu angket kecerdasan emosional dan angket minat belajar. Data prestasi belajar kimia diperoleh dari nilai rapor peserta didik. Hasil analisis dengan regresi linear berganda menunjukkan: (1) secara simultan kecerdasan emosional dan minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kimia dengan koefisien determinasi pada peserta didik perempuan sebesar 21,2% dan peserta didik laki-laki sebesar 49,6%; (2) secara parsial kecerdasan emosional berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik perempuan dengan koefisien determinasi sebesar 3,77%, serta berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik laki-laki dengan koefisien determinasi sebesar 37,45%; (3) secara parsial minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik perempuan dengan koefisien determinasi sebesar 17,46%, serta berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap prestasi belajar kimia peserta didik laki-laki dengan koefisien determinasi sebesar 12,16%.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN KIMIA BERDASARKAN GENDER |
---|---|
Pengarang | DEVIRA NUR AJIZAH - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI DEV p 2024 |
Subyek | Minat Belajar Prestasi Belajar Kimia kecerdasan emosional |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY