POLA SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN BAWANG MERAH DI PASAR SEGIRI KOTA SAMARINDA
Komoditas hortikultura merupakan salah satu sumber utama pada sektor pertanian karena mempunyai potensi tinggi dan bisa menyumbang pada perekonomian suatu daerah. Bawang merah adalah salah satu komoditas unggulan di beberapa daerah yang diusahakan petani. Komoditi yang digunakan sebagai bumbu penyedap masakan dan obat tradisional yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Permintaan bawang merah selalu dibutuhkan setiap harinya, sedangkan produktivitas bawang merah bersifat musiman sehingga pada saat tertentu bawang merah mengalami kenaikan harga pada saat permintaan lebih tinggi dari pasokan harga bawang merah. Pengembangan bawang merah relatif minim dan belum banyak dilakukan, struktur tanah dan potensi agroklimat untuk pengembangan bawang merah masih rendah sehingga tidak dilakukan penanaman dalam lahan yang luas dan dibawah pengawasan Dinas Pertanian Kota. Sehingga pasar yang ada di Kota Samarinda masih mendatangkan bawang merah dari luar Pulau untuk memenuhi kebutuhan bawang merah di masyarakat. Selama ini stok bawang merah yang dijual oleh distributor didatangkan dari pulau Jawa dan Sulawesi. Penelitian ini dilakasanakan selama tiga bulan mulai bulan Maret hingga bulan Juni 2023 dengan melakukan pengamatan secara langsung di Pasar Segiri Kota Samarinda Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yakni penjelasan secara jelas dengan data Primer data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh peneliti secara terstuktur mengenai analisis pemasaran yakni langsung dari sumber. Teknik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data primer antara lain observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner. Data sekunder data yang diperoleh peneliti dari berbagai sumber yang telah ada yang diperoleh dari berbagai sumber seperti Badan Pusat Statistik, buku, laporan, jurnal. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling, dengan jumlah 11 responden yang terdiri dari 1 responden yang merupakan distributor bawang merah, 4 responden yang merupakan wholesaler bawang merah, 4 responden pedagang pengecer dan 2 responden konsumen di Pasar Segiri Kota Samarinda. Rata-rata distributor mengambil bawang merah dari produsen di luar kota seperti pulau Jawa dan Sulawesi langsung dibawa ke pasar dengan ekspedisi untuk didistribusikan. Jumlah harga beli, harga jual dan stok yang dimiliki oleh distributor bawang merah yang didatangkan langsung dari Pulau Sulawesi sedangkan harga beli merupakan harga yang telah ditetapkan oleh petani bawang merah di Pulau Sulawesi selama 12 minggu waktu penelitian harga beli terendah untuk bawang merah Rp.26.000,00/kg dan harga tertinggi untuk bawang merah Rp.27.000,00/kg Pola saluran pemasaran bawang merah yang ada di Pasar Segiri Kota Samarinda dapat dilihat saluran pemasaran ada dua pola saluran pemasaran bawang merah yaitu pola I dan polan II. Pola saluran I merupakan saluran pemasaran dari distributor menyalurkan bawang merah ke pedagang pengecer dan berakhir di konsumen. Pola saluran II merupakan saluran pemasaran dari distributor memasarkan bawang merah kepada pedagang wholesaler kemudian menyalurkan ke pedagang pengecer dan berakhir di konsumen. Berdasarkan pola saluran I merupakan saluran pemasaran, distributor memasarkan bawang merah kepada pedagang pengecer dengan harga Rp.32.000,00/kg dengan keuntungan sebesar Rp.6.000,00/kg. Pola saluran II merupakan saluran pemasaran, distributor memasarkan bawang merah kepada pedagang wholesaler dengan harga sebesar Rp.30.000,00/kg dengan keuntungan sebesar Rp.4.000,00/kg nya. Tingkat efisiensi teknis tertinggi yaitu pola saluran II, biaya yang dikeluarkan per satuan berat per satuan jarak karena kuantitas yang dipasarkan melalui saluran pertama paling sedikit dibandingkan dengan kuantitas yang melalui saluran pola.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | POLA SALURAN DAN MARGIN PEMASARAN BAWANG MERAH DI PASAR SEGIRI KOTA SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD LUKMANMINASA - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MUH p 2024 |
Subyek | Bawang merah Efisiensi Pemasaran Margin Pemasaran Saluran Pemasaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | AGRIBISNIS |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY