ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTS AL-MUKARRAMAH KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Mts Al-Mukarramah kelas VII pada materi segiempat dan segitiga. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIB Mts AlMukarramah Bontang sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan januari 2024. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis dan observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini, pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasiteknik, yaitu membandingkan data dengan berbagai sumber yang berbeda yaitu data yang diperoleh dari hasil tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VII Mts Al-Mukarramah pada materi segiempat dan segitiga masih cukup rendah dengan persentase 23,07% siswa mendapat nilai dengan kategori cukup, 69,23% siswa dengan nilai kategori rendah dan 7,69% siswa dengan nilai kategori sangat rendah, hal ini dilihat dari 4 aspek penilain kemampuan berpikir kreatif matematis yaitu kelancaran (fluency), keluwesan (flexibility), keaslian (originality), dan elaborasi (elaboration).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MTS AL-MUKARRAMAH KELAS VII PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA |
---|---|
Pengarang | AYU NOVITA SARI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AYU a 2024 |
Subyek | Analisis, Kemampuan berpikir kreatif, Segirmpat da |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN MATEMATIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY