Detail Cantuman Kembali
Maria Prestila - Personal Name

Analisis Kesalahan Memahami (Comprehension Error) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel

Prestila, Maria, 2024. Analisis Kesalahan Memahami (Comprehension Error) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi, Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing : (I) Dra. Ariantje Dimpudus, M.Pd dan (II) Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif yang bertujuan mengetahui kesalahan memahami (comprehension error) siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel dan mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan memahami dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2023, dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa, dengan objek penelitian yaitu kesalahan memahami dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal cerita dan wawancara. Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan atau vertifikasi. Hasil penelitian ini mendapati bahwa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi sistem persamaan linear dua variabel, sebagian besar siswa masih mengalami kesalahan dalam memahami, yaitu terdapat 18 orang siswa (60%). Dimana terdiri dari 8 orang siswa (26,67%) melakukan kesalahan dalam menuliskan unsur yang diketahui, 3 orang siswa (10%) melakukan kesalahan dalam menuliskan unsur yang ditanyakan, 2 orang siswa (6,67%) melakukan kesalahan dalam memaknai unsur yang diketahui, dan 5 orang siswa (16,67%) melakukan kesalahan dalam memaknai unsur yang ditanyakan. Kemudian beberapa faktor yang menyebabkan dialaminya kesalahan memahami pada siswa diantaranya yaitu ketidaktelitian dalam membaca soal, kurangnya fokus dan konsentrasi ketika mengerjakan soal, tidak mengerti maksud dari soal, dan tidak melakukan pengecekan kembali terhadap seluruh informasi yang terdapat pada soal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kesalahan Memahami (Comprehension Error) Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Pengarang Maria Prestila - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MAR a 2024
Subyek kesalahan memahami, soal cerita matematika, sistem
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua