Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD KHAIRUL ANWAR - Personal Name

FUNGSI PENGKOORDINASIAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
Muhammad Khairul Anwar, Fungsi Pengkoordinasian Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Dalam Pembangunan Kota Samarinda, dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Aji Ratna Kusuma, M.Si dan Bapak Dr. Bambang Irawan, M.Si
Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Samarinda, yang terletak di Jalan Dahlian Nomor 81 Kota Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan, observasi dan wawancara. Teknik yang digunakan oleh penulis adalah purposive sampling, Narasumber berasal dari pejabat yang terkait dalam penilitian ini antara lain Kepala BAPPEDA Kota Samarinda, Sekretariat BAPPEDA, dan Kepala Bidang Perencanaan Program, dengan analisis data yang digunakan adalah Analisis Data Kualitatif Model Interaktif Miles, Huberman, dan Johnny.
Temuan dari penelitian ini adalah bahwa BAPPEDA Kota Samarinda merupakan salah satu organisasi/lembaga pemerintahan yang bertugas membantu penyelenggaraan pemerintahan di Kota Samarinda sesuai dengan instruksi dari Kepala Daerah yang menjabat, dan berfungsi sebagai perencanaan pembangunan di Kota Samarinda yaitu membuat Rencana Pembangunan Jangka Panjang (20 tahun), Rencana Pembangunan Jangka Menengah (5 tahun), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (1 tahun).
BAPPEDA Kota Samarinda juga berfungsi menyelenggarakan pengkoordinasian perencanaan pembangunan daerah yang berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terdiri dari Badan, Dinas, Kantor, dan Kecamatan yang terdapat di Kota Samarinda dalam perencanaan pembangunan. Dalam pengkoordinasian dilakukan melalui rapat koordinasi atau Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan SKPD dan Dinas-Dinas yang terkait dalam perencanaan pembangunan hal ini dilakukan untuk melakukan program prioritas yang sesuai dengan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) hal ini mengacu pada RPJMD dan RPJPD Kota Samarinda.
Kata kunci : BAPPEDA Kota Samarinda, Fungsi Pengkoordinasian BAPPEDA

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FUNGSI PENGKOORDINASIAN BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN KOTA SAMARINDA
Pengarang MUHAMMAD KHAIRUL ANWAR - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua