GAMBARAN KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DALAM KOMUNITAS UMKM KREATIF KOTA BONTANG
Tingginya jumlah para pelaku UMKM yang ada di Indonesia tidak terlepas dari tantangan ataupun masalah yang ada. Banyaknya masalah tersebut dapat menjadi tantangan bagi para pelaku UMKM baik yang menjalankan usaha mereka secara individu maupun komunitas. Komunitas UMKM Kreatif merupakan sebuah komunitas perkumpulan dari berbagai pelaku UMKM yang berada di Kelurahan Guntung, Kota Bontang. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan gambaran komunikasi pemberdayaan dalam Komunitas UMKM Kreatif. Penelitian ini menggunakan teori kajian komunikasi pemberdayaan ACTORS, serta menggunakan metode penelitian studi kasus dan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengurus Komunitas UMKM Kreatif belum melaksanakan proses komunikasi pemberdayaan secara efektif kepada anggota.Proses interaksi antara pengurus dan anggota juga belum mencerminkan penggunaan komunikasi interpersonal yang optimal, sehingga terdapat kesulitan dalam menciptakan pemahaman bersama.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | GAMBARAN KOMUNIKASI PEMBERDAYAAN DALAM KOMUNITAS UMKM KREATIF KOTA BONTANG |
---|---|
Pengarang | Mixo Septian Dwi Cahyo - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MIX g 2024 |
Subyek | UMKM Komunitas Komunikasi Pemberdayaan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | Ilmu Komunikasi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY