Detail Cantuman Kembali
Dika Indrayana - Personal Name

ESTIMASI PARAMETER ANGKA REPRODUKSI DASAR MODEL EPIDEMI SIRD MENGGUNAKAN METODE EXTENDED KALMAN FILTER (EKF) (Studi Kasus: Data Kasus Penyebaran COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur)

Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang telah menyebar ke seluruh provinsi di Indonesia, salah satunya adalah Kalimantan Timur. Penelitian ini membahas tentang estimasi angka reproduksi dasar seiring perubahan waktu (Rt) akibat adanya perubahan jumlah individu yang terinfeksi. Estimasi nilai Rt dilakukan menggunakan metode Extended Kalman Filter (EKF)
melalui model Susceptible-Infected-Recovered-Death (SIRD) yang didiskretisasi menggunakan metode Euler dengan penambahan variabel acak yang diasumsikan
berdistribusi normal dan tidak berkorelasi. Estimasi parameter pada model SIRD dilakukan berdasarkan data kasus penyebaran COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur. Hasil estimasi menunjukkan penurunan nilai Rt yang mendominasi dengan Rt < 1 yang merepresentasikan efektivitas PPKM level 4 dalam pengendalian penularan COVID-19. Evaluasi kinerja estimasi menunjukkan tingkat kesalahan yang rendah, dengan rata-rata nilai Relative Root Mean Square Error (RRMSE) sebesar 1, 19 × 10−5 dan rata-rata nilai Mean Absolute Percentage Error (MAPE) sebesar 0, 043%.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ESTIMASI PARAMETER ANGKA REPRODUKSI DASAR MODEL EPIDEMI SIRD MENGGUNAKAN METODE EXTENDED KALMAN FILTER (EKF) (Studi Kasus: Data Kasus Penyebaran COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur)
Pengarang Dika Indrayana - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DIK e 2024
Subyek COVID-19
MAPE
estimasi
Angka Reproduksi Dasar
Extended Kalman Filter
Model SIRD
RRMSE
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam
Jurusan Matematika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua