Pengaruh Pengetahuan Geografi Terhadap Sikap Peserta Didik Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Sekolah Di Kota Samarinda
Pengetahuan geografi sangat diperlukan untuk menumbuhkan sikap peduli peserta didik terhadap lingkungan, sehingga peserta didik dapat menjaga lingkungan berdasarkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan geografi terhadap sikap peserta didik dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah di kota Samarinda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI SMA di Kota Samarinda yang secara keseluruhan berjumlah 15.563 pererta didik, pengambilan sampel pada penelitian ini menggunkan teknik cluster random sampling dengan total sampel yaitu 389 peserta didik. Pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan observasi, angket dan wawancara dengan teknik analisis data uji coba instrumen penelitian yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, tabulasi data, serta uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis (Uji-t/parsial) . Hasil pada penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh pengetahuan terhadap sikap peserta didik dalam menjaga kelestarian lingkungan sekolah dengan angka koefisien korelasi sebesar 65,5%, dibuktikan dengan sikap sebagian besar peserta didik memiliki tanggung jawab serta kontribusi dalam berpartisipasi terhadap kebersihan lingkungan disekolahnya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Pengaruh Pengetahuan Geografi Terhadap Sikap Peserta Didik Dalam Menjaga Kelestarian Lingkungan Sekolah Di Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Sahrah - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI SAH p 2024 |
Subyek | Lingkungan Sekolah pengetahuan geografi sikap peserta didik |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Geografi |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY