Detail Cantuman Kembali
IQBAL RAMADHANA - Personal Name

ANALISIS PRODUKTIVITAS WATER TREATMENT PLANT (WTP) BONTANG SELATAN II PDAM KOTA BONTANG MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX)

PDAM Kota Bontang merupakan salah satu unit usaha milik daerah yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat yang berpusat di Jalan Bridgen Katamso No.3 Kota Bontang, Kalimantan Timur. Water Treatment Plant (WTP) Bontang Selatan II berada di Jalan KS. Tubun Kota Bontang. WTP Bontang Selatan II memiliki kapasitas produksi maksimal sebesar 120 liter/detik. Akan tetapi, saat ini WTP tersebut mengalami penurunan produksi sehingga hanya mampu menghasilkan air bersih sebesar 40 liter/detik. Hal tersebut tentu mempengaruhi produktivitas WTP. Oleh karena itu, dilakukan penilaian produktivitas menggunakan metode objective matrix (OMAX) dengan membandingkan input berupa jumlah data air baku, jumlah pemakaian energi listrik, jumlah jam kerja aktual, jumlah target distribusi, dan jumlah bahan kimia yang digunakan. Sedangkan untuk data output berupa jumlah air yang didistribusikan dan jumlah kehilangan air. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa indeks produktivitas terbaik terjadi pada bulan Februari 2022 sebesar 315,55%, sementara produktivitas terburuk terjadi pada bulan April 2022 sebesar -53,18%. Untuk menganalisis penyebab penurunan produktivitas, digunakan diagram sebab-akibat (fishbone). Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap penurunan produktivitas antara lain tidak adanya program perusahaan terkait pengembangan SDM khususnya bagi operator, daerah resapan air sekitar WTP dijadikan pemukiman, terdapat banyak limbah industri maupun rumahan di sekitar WTP, keterbatasan operator dalam memantau sistem pengolahan air, feedback yang tidak sesuai dengan beban kerja, tidak ada pemeliharaan yang rutin, beban kerja tinggi, tidak terdapat alat pendeteksi kebocoran.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS PRODUKTIVITAS WATER TREATMENT PLANT (WTP) BONTANG SELATAN II PDAM KOTA BONTANG MENGGUNAKAN METODE OBJECTIVE MATRIX (OMAX)
Pengarang IQBAL RAMADHANA - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI IQB a 2024
Subyek PDAM
Produktivitas
Diagram Fishbone
Air Bersih
Objective Matrix (OMAX)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan TEKNIK INDUSTRI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua