PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN TERINTEGRASI LITERASI SAINS PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kurikulum merdeka yang diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan literasi sains dalam memahami dan memecahkan masalah di dunia nyata namun tingkat keingintahuan peserta didik akan suatu permasalahan dan sumber pembelajaran yang kurang di MAN 1 Samarinda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain dan validitas bahan bacaan terintegrasi literasi sains dengan pendekatan saintifik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Developement) dengan menggunakan model Sugiyono. Instrumen penelitian digunakan di antaranya angket kebutuhan peserta didik, lembar wawancara, angket validasi ahli materi, ahli media dan praktisi. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan bacaan terintegrasi literasi sains dengan pendekatan saintifik faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dinyatakan valid oleh ahli materi, dan hasil validasi oleh ahli media dan ahli praktisi dinyatakan sangat valid. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bahan bacaan terintegrasi literasi sains pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dengan pendekatan saintifik dinyatakan valid dan dapat dilanjutkan ke tahap uji coba terhadap peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dan keefektifannya.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN TERINTEGRASI LITERASI SAINS PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK |
---|---|
Pengarang | AYU DWI YULIANTI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI AYU p 2024 |
Subyek | Literasi Sains Bahan Bacaan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN KIMIA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY