PENGARUH KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN
Tsabit Al Ghifarri, 2023. "Pengaruh Kepribadian Big Five Terhadap Intensi Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Noor Ellyawati, S.Pd., M.M selaku Dosen Pembimbing I dan Ibu Vitria Puri Rahayu, S.Pd., M.Pd selaku Dosen Pembimbing II. Sebelum terjun ke dunia berwirausaha, mahasiswa perlu menumbuhkan intensi atau niat berwirausaha dalam dirinya untuk bisa membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Intensi berwirausaha dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur kesiapan bagi seseorang dalam membangun sebuah usaha termasuk bagi mahasiswa. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian big five terhadap intensi berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Mulawarman. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan adalah 110 mahasiswa yang terdiri dari 55 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2020, 55 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2021. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan teknis analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat beberapa pengaruh secara parsial dan signifikan antara kepribadian big five dimensi kepribadian openness to experience dan agreeableness terhadap intensi berwirausaha. Sedangkan dimensi kepribadian extraversion, neoroticism, dan conscientiousness tidak terdapat pengaruh terhadap intensi berwirausaha. Kepribadian big five secara keseluruhan dimensi extraversion, openness to experience, neoroticism, conscientiousness dan agreeableness secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel intensi berwirausaha. Berdasarkan temuan penelitian diketahui bahwa dimensi kepribadian openness to experience secara positif berkorelasi dengan intelejensi yang berhubungan dengan kreativitas, kuatnya hasrat mahasiswa untuk menjadi wirausahawan didorong oleh karakteristik mahasiswa untuk menjadi kreatif dan inovatif. Dimensi Kepribadian agreeableness pada mahasiswa menunjukkan perhatian dan baik hati hampir ke setiap orang, hal ini dapat membantu meraih kepercayaan konsumen, klien atau lingkungan yang akan membantu proses dalam berwirausaha.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH KEPRIBADIAN BIG FIVE TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS MULAWARMAN |
---|---|
Pengarang | TSABIT AL GHIFARRI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI TSA p 2024 |
Subyek | Intensi Berwirausaha Kepribadian big five |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY