Detail Cantuman Kembali
HERLINDA DW - Personal Name

APLIKASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR (FMA) PADA TANAH UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN DAN PENYERAPAN LOGAM TIMBAL (Pb) PADA PERAKARAN TANAMAN HANJUANG (Cordyline fruticosa)

Peningkatan pencemaran lingkungan oleh logam berat timbal (Pb) menjadi masalah serius karena berbahaya bagi makhluk hidup. Fungi mikoriza arbuskular (FMA) dapat meningkatkan kemampuan fitoremediasi dan pertumbuhan tanaman dengan bersimbiosis dengan akar tanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi FMA dalam meningkatkan pertumbuhan dan penyerapan logam Pb pada perakaran tanaman hanjuang dan mengetahui dosis terbaik pemberian FMA dalam meningkatkan pertumbuhan dan penyerapan logam Pb pada perakaran tanaman hanjuang. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 4 taraf perlakuan dengan 6 ulangan, yaitu P0 : kontrol; P1 : 10 gram/perlakuan; P2 : 20 gram/perlakuan; P3 : 30 gram/perlakuan. Data dianalisis menggunakan analisis ragam dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT) 5%. Hasil Penelitian memberikan pengaruh nyata pada tinggi tanaman umur 4 hingga 8 minggu setelah tanam, berat basah tanaman, berat basah akar dan berat kering akar dan tidak memberikan pengaruh nyata pada penyerapan logam Pb pada perakaran tanaman hanjuang dalam waktu 8 minggu. Perlakuan aplikasi FMA terbaik pada dosis 30 gram per polybag untuk pertumbuhan tanaman hanjuang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul APLIKASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULAR (FMA) PADA TANAH UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN TANAMAN DAN PENYERAPAN LOGAM TIMBAL (Pb) PADA PERAKARAN TANAMAN HANJUANG (Cordyline fruticosa)
Pengarang HERLINDA DW - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI HER a 2024
Subyek Fungi Mikoriza Arbuskular (FMA)
Tanaman Hanjuang
Logam Timbal (Pb)
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan Agroekoteknologi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua