Detail Cantuman Kembali
Fatholi Ambar Wati - Personal Name

Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Redoks untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa

Fatholi Ambar wati, 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Redoks untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa oleh Prof. Dr. Nurlaili, M.P. selaku pembimbing I dan Dr. Farah Erika, S.Si., M.Si. selaku pembimbing II.Keterampilan berpikir kritis dan kemandirian belajar peserta didik perlu diwujudkan dengan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing agar siswa dapat mengasah proses berpikir dalam rangka menemukan pemecahan masalah secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi Redoks untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitain deskriptif kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan ini yaitu Pre-Experimental design dengan tipe One group pretest-posttest design. Populasi data penelitian ini adalah siswa kelas X-1 dan X-3 SMA Negeri 2 Kota Bangun pada tahun ajaran 2023/2024. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 siswa yang dipilih dengan teknik random sampling. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar penilaian kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa tergolong kategori tinggi dengan effect size tergolong kategori tinggi. Sedangkan kemandirian belajar siswa meningkat dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci: model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, kemampuan berpikir kritis, kemandirian belajar, Redoks

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Efektivitas Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Redoks untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa
Pengarang Fatholi Ambar Wati - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAT e 2024
Subyek kEMANDIRIAN BELAJAR
Kemampuan Berpikir Kritis
model pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Redoks
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan Pendidikan Kimia
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua