PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG
Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Experiential dengan Bantuan Media Pembelajaran PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang dengan dibimbing oleh Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Vitria Puri Rahayu, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Penelitian ini didasari adanya hasil belajar yang diukur melalui kemampuan kognitif siswa dengan melihat hasil akhir dari proses pembelajaran dalam bentuk nilai yang didapatkan siswa melalui tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran experiential dengan bantuan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 6 sebagai kelas kontrol dan X 7 sebagai kelas eksperimen yang total siswanya berjumlah 66 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS menunjukkan nilai sig. 0,008 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran experiential dengan bantuan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG |
---|---|
Pengarang | MELIANA SUKMAWATI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MEL p 2024 |
Subyek | model pembelajaran experiential, media powerpoint, |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN EKONOMI |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY