Detail Cantuman Kembali
MELIANA SUKMAWATI - Personal Name

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG

Penelitian ini berjudul Pengaruh Model Pembelajaran Experiential dengan Bantuan Media Pembelajaran PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang dengan dibimbing oleh Dr. Sudarman, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing I dan Vitria Puri Rahayu, S.Pd., M.Pd. sebagai pembimbing II. Penelitian ini didasari adanya hasil belajar yang diukur melalui kemampuan kognitif siswa dengan melihat hasil akhir dari proses pembelajaran dalam bentuk nilai yang didapatkan siswa melalui tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh dari penggunaan model pembelajaran experiential dengan bantuan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi eksperimen dengan jenis nonequivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas X 6 sebagai kelas kontrol dan X 7 sebagai kelas eksperimen yang total siswanya berjumlah 66 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data hasil belajar menggunakan uji t-test dengan bantuan SPSS menunjukkan nilai sig. 0,008 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran experiential dengan bantuan media pembelajaran powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran ekonomi untuk kelas X SMA Negeri 2 Tenggarong Seberang.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL DENGAN BANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 2 TENGGARONG SEBERANG
Pengarang MELIANA SUKMAWATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MEL p 2024
Subyek model pembelajaran experiential, media powerpoint,
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PENDIDIKAN EKONOMI
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua