Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Aplikasi Quizizz Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut
Safitri, Riyanti Dewi. 2024. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Aplikasi Quizizz Di kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman.Pembimbing: (I) Dr. ec. ed. Safrudiannur, M. Pd, dan (II) Prof. Dr. Azainil, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan aplikasi Quizizz di Kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII-D sebanyak 28 siswa dan objek penelitian ini adalah model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik. Data diperoleh dari dokumentasi berupa nilai dasar, observasi, LKPD, latihan, tugas, dan tes akhir siklus. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus, untuk setiap siklusnya dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa nilai rata-rata hasil belajar siswa dan persentase peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan terjadinya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada setiap siklus. Nilai hasil belajar diperoleh dari data berupa nilai LKPD, latihan, tugas, dan tes akhir siklus. Pada siklus I nilai dasar yang digunakan ialah nilai ulangan pada materi garis dan sudut, yaitu sebesar 47,64 meningkat menjadi 64,77 atau meningkat sebesar 35,95% dengan poin peningkatan sebesar 24,11. Pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai ratarata siklus I 64,77 meningkat menjadi 75,15 atau meningkat sebesar 16,02% dengan poin peningkatan 20,89. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai rata-rata siklus II 75,15 meningkat menjadi 86,01 atau meningkat sebesar 14,45% dengan poin peningkatan 22,86. Hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas guru dikategorikan baik dan aktivitas siswa dikategorikan cukup, pada siklus II aktivitas guru dikategorikan sangat baik dan aktivitas siswa dikategorikan baik, dan siklus III aktivitas guru dan aktivitas siswa dikategorikan sangat baik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Aplikasi Quizizz Di Kelas VII SMP Negeri 1 Kembang Janggut |
---|---|
Pengarang | Riyanti Dewi Safitri - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIY p 2024 |
Subyek | Hasil Belajar Matematika Peningkatan Quizizz Problem Based Learning(PBL) |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | MIPA/Pendidikan Matematika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY