Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara dilihat dari dimensi mutu pelayanan menurut Lori De Prete Brown dalam bukunya Quality Assurance of Health Care in Developing Countries yang dikutip oleh Djoko Wijono dalam Reizky Riyadi (2015:17) yaitu kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektivitas, hubungan antar manusia, efesiensi, kelangsungan pelayanan, keamanan dan kenyamanan dan kenikmatan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripstif. Informan berjumlah 7 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mutu Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut masih ada beberapa dimensi yang kurang maksimal bagi masyarakat. Dapat kita lihat dari akses jalan, ketersediaan fasilitas dan tenaga kesehatan yang masih kurang menjadi masalah utama untuk saat ini di Puskesmas Pembantu dan Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut. Adapun faktor pendukung di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut yaitu faktor kesadaran dari petugas puskesmas dalam memberikan pelayanan yang maksimal, faktor organisasi yang berperan untuk mengorganisir fungsi pelayanan yang baik, dan faktor sarana dan prasarana memanfaatkan fasilitas yang tersedia dengan sebaik mungkin untuk memberikan layanan kesehatan yang maksimal.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Mutu Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Kecamatan Kembang Janggut Kabupaten Kutai Kartanegara |
---|---|
Pengarang | RUDINI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RUD m 2023 |
Subyek | mutu, pelayanan, kesehatan |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Jurusan | administrasi publik |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY