Detail Cantuman Kembali
DHITA WARANTIKA - Personal Name

PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL,KONDISI RUANG KELAS, DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAMARINDA UTARA

ABSTRAK

Pengaruh Lingkungan Sosial,Kondisi Ruang Kelas, dan Keaktifan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Samarinda Utara.Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pedidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Dr. Sugeng, M. Pddan (2) Drs. Kukuh, M.Pd.

Penelitianbertujuan mengetahuipengaruh lingkungan sosialdan kondisi ruang kelasserta keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa Kelas VII SMP Negeri se Kecamatan Samarinda Utaratahun ajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Samarinda Utara (SMPN 11, SMPN 12, SMPN 13, SMPN 19, SMPN 26, SMPN 27, SMPN 29, SMPN 30, SMPN 42, dan SMPN 47)dengan total 1.237 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik proportional cluster random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 10 kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket untuk memperoleh data lingkungan sosial, kondisi ruang kelas, dan keaktifan belajar dan tes untuk memperoleh data hasil belajar matematika.
Berdasarkan hasil analisis statistik deskriptif, diperoleh rata-rata skor tes hasil belajar matematika adalah 26,184, rata-rata skor keaktifan belajar adalah 110,388,rata-rata skor lingkungan sosial adalah 98,910, rata-rata skor kondisi ruang kelasadalah92,253. Berdasarkan analisis inferensial menggunakan uji analisis jalur untuk sub-struktur 1 diperoleh persamaan X_3=0,407X_1+0,221X_2+0,848ε_1, dengan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 56,583lebih besar dari Ftabel =3,00 yang menunjukkan bahwa persamaan jalur sub-struktur 1 signifikan, sehingga terdapat pengaruh lingkungan social dan kondisi ruang kelas terhadap keaktifan belajar.Untukvariabel lingkungan sosialdiperolehp = 0,000, sedangkanuntukkondisi ruang kelasdiperolehp = 0,000. Untuk analisis jalur sub-struktur 2 diperoleh persamaan Y=0,132X_1+0,138X_2+0,288X_3+0,894ε_2, dengan α = 0,05 diperoleh nilai Fhitung = 24,102lebih besar dari Ftabel = 2,60 yang menunjukkan bahwa persamaan jalur sub-struktur 2 signifikan,sehingga terdapat pengaruh lingkungan sosial, kondisi ruang kelas, dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika.Untukvariabel lingkungan sosialdiperolehp = 0,034, untukvariabel kondisi ruang kelasdiperolehp = 0,018, untuk variabel keaktifan belajar diperoleh p = 0,000.Dengan demikian,(1) terdapat pengaruh lingkungan sosial dan kondisi ruang kelassecara simultan dan parsial terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Samarinda Utara tahun ajaran 2014/2015; (2)terdapat pengaruh lingkungan sosial, kondisi ruang kelas dan keaktifan belajar secara simultan dan parsial terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Samarinda Utara tahun ajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL,KONDISI RUANG KELAS, DAN KEAKTIFAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI SE-KECAMATAN SAMARINDA UTARA
Pengarang DHITA WARANTIKA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua