Detail Cantuman Kembali
Darniah - Personal Name

Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Website AIS Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Customer Satisfaction Index (CSI)

Universitas Mulawarman (Unmul) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Unmul memiliki portal akademik berbentuk aplikasi web yang dapat diakses oleh civitas akademik yang ada di Unmul. Unmul memiliki Sistem Informasi Akademik (SIA) yang beralih menjadi Academic Integrated System (AIS). Selama penerapan AIS belum ada yang melakukan pengukuran terhadap tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan website AIS secara menyeluruh dari berbagai aspek dan perspektif pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap layanan website akademik AIS Unmul, serta kualitas layanan website dari perspektif pengguna. Penelitian ini menggunakan 100 kuesioner dengan variabel penelitian menggunakan metode webqual 4.0 yang terdiri dari usability, information quality, service interaction quality dan untuk analisis data digunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Metode webqual 4.0 bertujuan mengetahui valid, reliabel nya data, persepsi responden dan mengetahui data persentase kuesioner, untuk tingkat kinerja yang memilih sangat tidak setuju sebesar 4%, tidak setuju sebesar 12%, cukup setuju 38%, setuju sebesar 38% dan sangat setuju sebesar 9%, atau bisa dikatakan cukup puas terhadap kualitas layanan website AIS Unmul, sedangkan untuk persepsi responden pada tingkat kepentingan yang memilih sangat tidak penting sebesar 0%, tidak penting sebesar 0%, cukup penting sebesar 10%, penting 58%, dan untuk sangat penting 58%. Metode customer satisfaction index bertujuan untuk mengetahui tingkat keseluruhan baik tingkat kesesuaian, antara tingkat kinerja dengan tingkat kepentingan dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna secara menyeluruh. Hasil perhitungan CSI didapatkan 67,33% puas dikarenakan skor yang berada pada rentang 66% sampai dengan 80,99% puas, hasil uji kesesuaian antara tingkat kinerja dengan nilai tingkat kepentingan didapatkan dari ketiga variabel sebesar 80% dan dari ketiga variabel ini perlu ada perbaikan, variabel usability terutama kemudahan akses website AIS, variabel information quality, prioritas perbaikan adalah menyajikan informasi yang lengkap dan terperinci. Variabel service interaction quality perbaikan diperlukan untuk meningkatkan reputasi website dengan memperbaiki kinerja.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Website AIS Universitas Mulawarman Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Customer Satisfaction Index (CSI)
Pengarang Darniah - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI DAR p 2024
Subyek kualitas layanan
Website
WebQual 4.0
Customer Satisfaction Index
Uji Kesesuaian
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua