Detail Cantuman Kembali
JUNI PAJRIATI - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 001 LOA JANAN ILIR

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ipa materi benda dan sifatnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas v SD negeri 001 Loa Janan Ilir. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 001 Loa Janan Ilir dengan subyek penelitian siswa kelas v berjumlah 35 siswa dan obyek penelitian adalah hasil belajar ipa materi benda dan sifatnya melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak tiga siklus, tiap siklus dilakukan 2 kali pertemuan dimana pada setiap pertemuan sesi akhir dilaksanakan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tugas harian, lembar pengamatan aktivitas guru, keaktiifan siswa, dan tes akhir pertemuan. Data yang diperoleh disajikan dengan dalam rata-rata, persentasi, nilai akhir, dan diagram. Hasil analisis diketahui data hasil penelitian menunjukan bahwa, Terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil analisis data diketahui hasil penelitian menunjukan bahwa, terjadi keaktifan siswa dan hasil belajar siswa. Bedasarkan hasil analisis aktivitas siswa maka diperoleh bahwa pada siklus I penilaian terhadap aktivitas siswa memperoleh rata-rata jumlah skor 297 (42,45%) dari 35 siswa dengan skor maksimal 600 dengan predikat kurang. Aktivitas siswa pada siklus II memperoleh rata-rata jumlah skor 404,5 (57,7%) dari 35 siswa dengan skor maksimal 600 dengan predikat baik. Aktivitas siswa pada siklus III memperoleh rata-rata jumlah skor 590 (84,3%) dari 35 siswa dengan skor maksimal 600 dan mendapat predikat sangat baik. Hasil analsis dapat diketahui bahwa nilai rata-rata dari nilai dasar hingga siklus III mengalami penurunan dan peningkatan yang signifikan yaitu sebesar 20 dari 61 pada nilai menjadi 41 pada siklus I, lalu pada siklus II terjadi peningkatan 20 dari 41 pada siklus I menjadi 61 dan meningkat kembali 25 dari 61 pada siklus II menjadi 86 pada siklus III. peningkatan jumlah siswa yang tuntas dan penurunan jumlah siswa yang belum tuntas terjadi dari siklus II ke siklus III dengan besar persentase 91%. Adapun persentase peningkatan dan penurunan dari nilai dasar ke siklus II sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas guru, keaktifan siwa, dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 001 Loa Janan Ilir.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 001 LOA JANAN ILIR
Pengarang JUNI PAJRIATI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI JUN p 2020
Subyek Hasil Belajar IPA
Model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2020
Penerbit Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jurusan PGSD
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua