Detail Cantuman Kembali
EMI HARIYATI - Personal Name

PERAN KEPALA DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA BATU BALAI KECAMATAN MUARA BENGKAL KABUPATEN KUTAI TIMUR

ABSTRAK

Program studi Ilmu Pemerintahan, Jurusan Ilmu Administrasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman Samarinda. Peran Kepala Desa Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Batu Balai Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur. Dibawah bimbingan Ibu Prof. Dr. Hj. Nur Fitriyah, M.S sebagai pembimbing I dan Ibu Hj. E. Letizia Dyastari, S.Sos, M.Si sebagai pembimbing II.
Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa Batu Balai Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur difokuskan pada proses Peran Kepala Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yaitu peran Kepala Desa dalam penyelenggaraan administrasi desa, peran Kepala Desa dalam pemberdayaan masyarakat dan kelembagaan di desa serta peran Kepala Desa dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa.
Penelitian dilaksanakan di Desa Batu Balai Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara langsung dan dokumentasi yang berkaitan dengan penelitian. Adapun yang menjadi narasumber yaitu Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Pemerintahan, Kaur Umum/Administrasi, dan Masyarakat untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai dengan kebutuhan penulis. Data-data yang didapatkan, dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif Milles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukan Peran Kepala Desa dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Batu Balai Kecamatan Muara Bengkal Kabupaten Kutai Timur sudah berjalan dengan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari penyelenggaraan administrasi yang trasparan serta tertata dengan rapi dalam penyusunan arsip dan dokumntasi kegiatan maupun pelayanan pegawai kantor sudah sesuai dengan yang diinnginkan, pemberdayaan masyarakat berjalan dengan baik dilihat dari kegiatan gotong-royong dan memfasilitasi Ibu-ibu PKK dalam kegiatan menjahit dengan adanya bantuan mesin jahit serta melakukan penyusunan kegiatan pembangunan telah melibatkan masyarakat bukan hanya melibatkan lembaga ataupun tokoh-tokoh yang ada di masyarakat secara ekonomi kurang mampu untuk terlibat dalam kegiatan perencanaan pembangunan desa, peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa sudah berjalan dengan dengan baik dilihat dari adanya perhatian dari Kepala Desa kepada masyarakat dibidang pertanian dan perkebunan dengan mendatangkan tenaga PPL agar petani mendapat pengetahuan baru serta mempraktekkan guna hasil pertanian dan perkebunanan.

Kata Kunci : Peran, Kepala Desa, Penyelenggaraan Pemerintahan Desa

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN KEPALA DESA DALAM PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DESA BATU BALAI KECAMATAN MUARA BENGKAL KABUPATEN KUTAI TIMUR
Pengarang EMI HARIYATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua