Detail Cantuman Kembali
Dewi Candralita - Personal Name

EVALUASI KINERJA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PADA PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020 (STUDI PADA DIVISI SOSIALISASI, PENDIDIKAN PEMILIH, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN SUMBER DAYA MANUSIA)

Dewi Candralita, Program Pascasarjana Universitas Mulawarman, Juni 2023 Evaluasi Kinerja KPU Kabupaten Kutai Kartanegara Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pemilih Pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 (Studi Pada Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Dan Sumber Daya Manusia), Ketua Komisi Pembimbing Dr. Bambang Irawan, S.Sos., M.Si anggota komisi pembimbing Dr. Enos Paselle, M.AP. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui sejauh mana kinerja Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Kartanegara pada pemilihan serentak tahun 2020 (Studi Pada Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Dan Sumber Daya Manusia) serta untuk mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat kinerja KPU Kabupaten Kutai Kartanegara pada pemilihan serentak tahun 2020 (Studi Pada Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Dan Sumber Daya Manusia). Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif untuk menganalisa suatu kejadian atau keadaan secara sosial yang terjadi dilapangan terutama berkaitan dengan Evaluasi Kinerja Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Kartanegara pada pemilihan serentak tahun 2020 (Studi Pada Divisi Sosialisasi,Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, Dan Sumber Daya Manusia). Hasil penelitian ini berkenaan dengan sikap bahwa kinerja yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Kartanegara dalam pemilihan serentak tahun 2020, belum maksimal dikarenakan partisipasi masyarakat dalam pemilihan menurun dibandingkan tahun 2015. Berkenaan dengan perilaku bahwa perilaku Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Kartanegara cukup baik dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, berkenaan dengan hasil bahwa kinerja Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kutai Kartanegara sudah cukup baik hasilnya, berkenaan dengan kontijensi bahwa Tingkat Partisipasi masyarakat pada pemilihan tahun 2020 cukup baik meskipun pelaksanaan pemilihan dimasa pandemi Covid 19, faktor pendukung dan penghambat KPU dapat bervariasi tergantung pada konteks dan lingkungan di mana KPU beroperasi. Beberapa faktor pendukung kinerja KPU antara lain adalah sumber daya manusia yang professional dan berkualitas, kerjasama dengan pihak-pihak terkait, adanya kemauan, kemampuan dan kesempatan. Sedangkan beberapa faktor penghambat kinerja KPU antara lain adalah keterbatasan sumber daya manusia dan keuangan, kurangnya dukungan dari pihak-pihak terkait, aturan yang belum dijelakan dengan baik, teknologi yang kurang memadai, pendidikan politik kurang dan pengawasan kurang diperhatikan daripemerintah, sekolah maupun PT.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EVALUASI KINERJA KOMISI PEMILIHAN UMUM KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PADA PEMILIHAN SERENTAK TAHUN 2020 (STUDI PADA DIVISI SOSIALISASI, PENDIDIKAN PEMILIH, PARTISIPASI MASYARAKAT, DAN SUMBER DAYA MANUSIA)
Pengarang Dewi Candralita - Personal Name
No. Panggil THESIS DEW e 2023
Subyek EVALUASI
Partisipasi Masyarakat
Kinerja
Pemilihan Serentak
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Magister Administrasi Publik
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua