Implementasi Program Gerakan Literasi Siswa Sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 37 Samarindas
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana implmentasi Program Gerakan Literasi Siswa Sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik di sekolah, Kemudian hambatan yang terjadi dalam pengimplementsian Program Gerakan literasi siswa serta mengetahui Upaya sekolah dalam mrningkatkan minat baca pada siswa. Jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 37 Samarinda pada bulan September 2023- November 2023. Subjek penelitin ini adalah guru Bahasa Indonesia, guru bidang lain, dan siswa-siswi kelas VII, VIII, IX menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data,penyajin data, dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebagai fasilitator dan evaluator yakni dapat disimpulkan bahwa, guru mampu memfasilitasi siswa dalam proses literasi. Guru juga harus mampu membimbing siswa dan memberikan pengajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan literasi yang dibuat oleh guru dan merefleksi diri untuk mencapai tujuan. Serta guru harus mampu memberikan pelayanan serta kemudahan siswa pada saat pelaksanaan kegiatan literasu di kelas. Pelaksanaan literasi yang menerapkan Merdeka belajar dengan menggerakkan seluruh komponen dan ekosistem yang ada di sekolah untuk mewujudkan Pendidikan yang berpusat pada peserta didik.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Implementasi Program Gerakan Literasi Siswa Sebagai Upaya Penguatan Karakter Peserta Didik di SMP Negeri 37 Samarindas |
---|---|
Pengarang | Rini Riayanti - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI RIN i 2024 |
Subyek | Pogram Gerakan literasi, Kinerja guru, Facilitator |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY