PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA (MATERI= ENERGI)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan berpikir kritis dari penerapan model problem based learning pada materi energi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode pre eksperimental design. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group PretestPosttest Design. Perlakukan model Problem Based Learning dikenakan pada sampel penelitian yaitu 32 siswa kelas XI MIPA 2. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes yaitu 10 tes essay. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan perolehan N-Gain sebesar 0,61 dan terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan hasil uji Paired Sample ttest setelah menggunakan model Problem Based Learning.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 SAMARINDA (MATERI= ENERGI) |
---|---|
Pengarang | MARIA CELVI ADVENIA MONE - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MAR p 2024 |
Subyek | Problem Based Learning Kemampuan Berpikir Kritis ENERGI |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | PENDIDIKAN FISIKA |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY