Detail Cantuman Kembali
GALUH PARWATI FENDI - Personal Name

PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI KULIAH KERJA NYATA MENGGUNAKAN METODE PEFERENCE RANGKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE)

Sistem pendukung keputusan merupakan sebuah sistem yang digunakan untuk membantu individu atau organisasi. Beberapa aspek hidup mulai diselimuti oleh pengaruh teknologi tak terlewat juga aspek pendidikan. Perguruan tinggi sebagai satuan pendidikan tertinggi membutuhkan dukungan teknologi untuk menjalankan berbagai program. Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berfokus pada masyarakat adalah salah satu program perguruan tinggi yang paling dikenal. Program KKN membutuhkan sistem sebagai alat bantu dalam mengidentifikasi solusi terbaik atau pilihan yang optimal dari berbagai alternatif yang tersedia. Metode Preference Rangking Organization Method for Enrichment Evaluation (PROMETHEE) merupakan solusi yang dapat diplih. Metode PROMETHEE digunakan untuk merangkingkan alternatif berdasarkan sejumlah kriteria yang telah ditentukan. Data yang digunakan adalah data lokasi KKN Reguler Universitas Mulawarman tahun 2023. Dengan menggunakan metode PROMETHEE yang menghasilkan ranking peringkat berdasarkan karakteristik leaving flow dan entering flow, didapat sejumlah rangking peringkat yaitu alternatif Kutai Kartanegara dengan nilai net fow 0,266, kemudian Bontang dengan nilai net flow 0,177, Paser dengan nilai net flow 0,111, Kutai Timur dengan nilai net flow 0,088, Penajam Paser Utara dengan
nilai net flow -0,222, Samarinda dengan nilai net flow -0,022, Kutai Barat dengan nilai net flow -0,066, Mahulu dengan nilai net flow -0,088, Balikpapan dengan nilai net flow -0,111, dan terakhir Berau dengan nilai net flow -0,333.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN LOKASI KULIAH KERJA NYATA MENGGUNAKAN METODE PEFERENCE RANGKING ORGANIZATION METHOD FOR ENRICHMENT EVALUATION (PROMETHEE)
Pengarang GALUH PARWATI FENDI - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI GAL p 2024
Subyek Sistem Pendukung Keputusan
Kuliah Kerja Nyata
PROMETHEE
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Sistem Informasi
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua