HUBUNGAN MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA
Prestasi akademik menjadi salah satu indikator yang dapat digunakan untuk melihat kualitas seseorang dalam memahami ilmu pengetahuan. Prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya ialah motivasi belajar dan kecerdasan emosional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivasi dan kecerdasan emosional terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Kimia. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan analisis korelasi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Kimia angkatan Universitas Mulawarman angkatan 2019 yang berjumlah 70 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan memanfaatkan aplikasi google form. Data dianalisis menggunakan analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata motivasi dan kecerdasan emosional mahasiswa berada pada kategori rendah dan rata-rata prestasi belajar mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa motivasi dan kecerdasan emosional memiliki hubungan sangat rendah terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Kimia.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | HUBUNGAN MOTIVASI DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PENDIDIKAN KIMIA |
---|---|
Pengarang | ALFARINDA PUSPA WARDANI - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ALF H 2022 |
Subyek | Motivasi Prestasi akademik kecerdasan emosional |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2022 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Pendidikan Kimia |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY