Analisis Strategi Pemasaran Bawang Putih (Allium sativum L.) Di Tingkat Distributor Pasar Segiri Kota Samarinda
MEGI FERMADI. Analisis Strategi Pemasaran Bawang Putih (Allium sativum L.) di Tingkat Distributor Pasar Segiri Kota Samarinda. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2023. (dibawah bimbingan Nike Widuri). Bawang Putih merupakan salah satu tanaman hortikultura yang permintaan pasarnya terus meningkat sejalan dengan lajunya pertumbuhan penduduk, perkembangan ekonomi yang semakin membaik dan semakin meningkat pengetahuan masyarakat tentang arti kebutuhan gizi. Dalam usaha diperlukan strategi pemasaran yang merupakan penyusunan rencana yang diperolah melalui identifikasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pemasaran bawang putih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman, serta mengetahui strategi alternatif pemasaran bawang putih di Pasar Segiri Kota Samarinda. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan di mulai pada bulan Juni 2023 sampai September 2023. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan metode Purposive Sampling dengan 10 respo. Data dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa kekuatan utama yaitu sarana yang memadai dalam melakukan pemasaran bawang putih dengan nilai 0.44. Hasil penelitian menunjukan bahwa alternatif strategi yang paling tepat adalah strategi SO (kekuatan dan peluang) terletak pada kuadran I yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada, karena strategi tersebut memiliki skor tertinggi 3,53. Strategi pemasaran bawang putih di Pasar Segiri Kota Samarinda dapat dilakukan dengan strategi alternatif berikut: Memaksimalkan perencanaan pemasaran bawang putih yang didukung dengan banyaknya wilayah distribusi yang dapat dijangkau, memanfaaatkan luas gudang atau ruko untuk memaksimalkan ketersediaan stok bawang yang mudah dipasarkan dan mengelola sarana untuk menarik lebih banyak konsumen.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Analisis Strategi Pemasaran Bawang Putih (Allium sativum L.) Di Tingkat Distributor Pasar Segiri Kota Samarinda |
---|---|
Pengarang | Megi Fermadi - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI MGI a 2024 |
Subyek | Analisi SWOT, bawang putih, distributor, pemasaran |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Pertanian |
Jurusan | Agribisnis |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY