Detail Cantuman Kembali

STRATEGI PELAKU UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19 (KASUS UMKM DALAM BIDANG KULINER DI AREA PASAR SENI TENGGARONG KLABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)

Muhamad Arya Fauzi. P, 2023, “Strategi Pemasaran Pelaku UMKM Selama Pandemi Covid-19 (Kasus UMKM Dalam Bidang Kuliner Di Area Pasar Seni Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara)” dibawah bimbingan Bapak Dr. Muhammad Arifin M.Hum. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi yang tepat pada agar para pelaku UMKM di area Pasar Seni Tenggarong dapat tetap bertahan selama masa pandemi Covid19. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuisioner dan penelitian kepustakaan. Proses analisis data dan perhitungan menggunakan model interaktif. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa Seluruh pelaku UMKM area Pasar Seni Tenggarong sangat merasakan dampak negatif saat pandemi covid-19 di kota Tenggarong. Rata-rata seluruh usaha UMKM di Pasar Seni Tenggarong langsung merasakan dampaknya seperti jumlah konsumen datang berkurang, penjualan menurun drastis hingga sampai ada yang menyentuh penurunan 65% serta pembatasan jam operasional yang hanya lima - enam jam sehari. Strategi umumnya yang dipilih oleh pelaku UMKM seperti menurunkan harga jual, menerapkan harga jual tetap dengan terus menjaga cita rasa makanan . minuman, menambah variasi makanan . minuman yang di jual, mendaftarkan usaha ke aplikasi Go-Jek dan Grab serta melakukan promosi di platforn media sosial seperti facebook, Instagram, Whatsapps dan lain sebagainya. Strategi ini di pilih karena kendala keterbatasan modal usaha yang dimilik dan terbatasnya jangkauan pemasaran UMKM. Penerapan strategi yang di pilih oleh para pelaku UMKM di area Pasar Seni Tenggarong agak berbeda-beda satu sama lainnya, namun cukup efektif saat menghadapi masa sulit pandemi covid19. Mereka masih mendapatkan pendapatan yang memang tidak sebanyak saat dahulu sebelum covid-19, namun setidaknya mereka masih bisa memperoleh pendapatan tiap bulan yang cukup untuk menutup biaya operasional dan masih mendapatkan kedatangan pelanggan yang masih setia datang ke tempat mereka. Dan kenyataan memang bisa di katakan strategi ini adalah strategi untuk bertahan total dan hanya berusaha untuk mempertahankan bisnis ini selama mungkin yang mereka mampu hingga batasnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI PELAKU UMKM SELAMA PANDEMI COVID-19 (KASUS UMKM DALAM BIDANG KULINER DI AREA PASAR SENI TENGGARONG KLABUPATEN KUTAI KARTANEGARA)
Pengarang Muhamad Arya Fauzi Pranata - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI MUH p 2023
Subyek strategi, pemasaran, UMKM
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2023
Penerbit Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Jurusan Pembangunan Sosial
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua