KLASIFIKASI GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR BERDASARKAN MODEL VAK LEARNING STYLE
Gaya belajar siswa memiliki peran penting dalam keberhasilan pembelajaran, namun identifikasinya seringkali rumit secara manual. Penelitian ini menggunakan metode K-Nearest Neighbor (K-NN) untuk mengklasifikasikan gaya belajar Siswa tingkat Sekolah Menengah Atas berdasarkan model Visual, Auditory dan Kinesthetic (VAK). Data diperoleh dari 397 siswa kelas 11 SMK Negeri 1 Samarinda melalui kuesioner. Klasifikasi gaya belajar dilakukan dengan K-NN menggunakan perhitungan jarak euclidean, manhattan, cosine similarity dan minkowski. Parameter jarak melibatkan k=3, k=5, k=7, k=8 dan k=9, dengan pembagian data menggunakan stratified fold crossvalidation 5 dan 10-fold. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model K-NN mampu mengklasifikasikan gaya belajar siswa dengan akurasi mencapai 87.6%, terutama dengan perhitungan jarak cosine similarity, k=3 dan 10-fold. Implikasinya signifikan, karena KNN dapat efektif mengklasifikasi gaya belajar siswa sesuai dengan karakteristik masingmasing menggunakan antarmuka web dan memberikan dampak positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran adaptif.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KLASIFIKASI GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR BERDASARKAN MODEL VAK LEARNING STYLE |
---|---|
Pengarang | Fara Meydina Younseand - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI FAR k 2024 |
Subyek | klasifikasi Gaya Belajar K-NN |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2024 |
Penerbit | Fakultas Teknik |
Jurusan | Informatika |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY