Detail Cantuman Kembali
Fara Meydina Younseand - Personal Name

KLASIFIKASI GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR BERDASARKAN MODEL VAK LEARNING STYLE

Gaya belajar siswa memiliki peran penting dalam keberhasilan pembelajaran, namun identifikasinya seringkali rumit secara manual. Penelitian ini menggunakan metode K-Nearest Neighbor (K-NN) untuk mengklasifikasikan gaya belajar Siswa tingkat Sekolah Menengah Atas berdasarkan model Visual, Auditory dan Kinesthetic (VAK). Data diperoleh dari 397 siswa kelas 11 SMK Negeri 1 Samarinda melalui kuesioner. Klasifikasi gaya belajar dilakukan dengan K-NN menggunakan perhitungan jarak euclidean, manhattan, cosine similarity dan minkowski. Parameter jarak melibatkan k=3, k=5, k=7, k=8 dan k=9, dengan pembagian data menggunakan stratified fold crossvalidation 5 dan 10-fold. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model K-NN mampu mengklasifikasikan gaya belajar siswa dengan akurasi mencapai 87.6%, terutama dengan perhitungan jarak cosine similarity, k=3 dan 10-fold. Implikasinya signifikan, karena KNN dapat efektif mengklasifikasi gaya belajar siswa sesuai dengan karakteristik masingmasing menggunakan antarmuka web dan memberikan dampak positif terhadap pengembangan strategi pembelajaran adaptif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KLASIFIKASI GAYA BELAJAR MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR BERDASARKAN MODEL VAK LEARNING STYLE
Pengarang Fara Meydina Younseand - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAR k 2024
Subyek klasifikasi
Gaya Belajar
K-NN
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2024
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan Informatika
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua