Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas V SDN 006 Anggana Tahun Pembelajaran 2022/2023
Zara Amelia, 2023.Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Siswa Kelas V SDN 006 Anggana Tahun Pembelajaran2022/2023. Pembimbing I Mustamiroh,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing IIDrs.H.La Djangka,M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SDN 006 Anggana tahun pembelajaran 2022/2023 khususnya pada muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Tujuan penelitian ini untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia Pada Tema 8 Subtema 1 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Peserta Didik Kelas V SDN 006 Anggana Tahun Pembelajaran 2022/2023 Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pembelajaran 2022/2023 di SD Negeri 006 Anggana. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN 006 Anggana yang berjumlah 19 siswa dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Prosedur penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan rata-rata, persentase, dan grafik Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 67,00 dengan persentase ketuntasan 21% (4 siswa), Pada siklus I menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar peserta didik 11,14% dengan nilai rata-rata sebesar 74,47 dengan predikat cukup dan persentase ketuntasan sebesar 37% (7 siswa). Pada siklus II mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik sebesar 25,37% dengan nilai rata-rata menjadi 84,21 dengan predikat baik dan persentase ketuntasan sebesar 84% (16 siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia Pada Tema 8 Subtema 1 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Siswa Kelas V SDN 006 Anggana Tahun Pembelajaran 2022/2023.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Jenis Usaha Masyarakat Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas V SDN 006 Anggana Tahun Pembelajaran 2022/2023 |
---|---|
Pengarang | Zara Amelia - Personal Name |
No. Panggil | SKRIPSI ZAR p 2023 |
Subyek | Hasil belajar IPS, , Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2023 |
Penerbit | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Jurusan | Ilmu Pendidikan |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY